Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG POLIS ATAS KESALAHAN TENAGA PEMASAR PERUSAHAAN ASURANSI DALAM MEMASARKAN PRODUK JASA ASURANSI JIWA (MIS-SELLING). -015 DG 2022

SAVIRA, AULINA BYANT and Saptono, Hendro and Rahmanda, Bagus (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG POLIS ATAS KESALAHAN TENAGA PEMASAR PERUSAHAAN ASURANSI DALAM MEMASARKAN PRODUK JASA ASURANSI JIWA (MIS-SELLING). -015 DG 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perusahaan Asuransi bertujuan memperoleh keuntungan dengan menciptakan konsumen dari produk yang dihasilkan melalui pemasaran yang dilakukan tenaga pemasar sebagai penghubung antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis selaku konsumen. Permasalahan yang sering timbul pada pemasaran produk asuransi jiwa yaitu tenaga pemasar melakukan mis-selling atau kesalahan dalam memberikan penjelasan mengenai produk asuransi jiwa yang ditawarkan kepada calon nasabah sehingga merugikan pemegang polis. Penelitian ini terfokus pada permasalahan bentuk perlindungan hukum bagi pemegang polis yang mengalami kerugian akibat mis-selling dan upaya perusahaan asuransi mencegah kerugian yang dialami pemegang polis akibat mis-selling. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris, dengan spesifikasi deskriptif analitis dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk perlindungan hukum terhadap pemegang polis atas terjadinya mis-selling yaitu telah diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan. Pengaturan yang mewajibkan perusahaan asuransi memberikan informasi yang benar, tidak palsu, dan tidak menyesatkan kepada pemegang polis merupakan perlindungan hukum preventif. Pengaturan yang mewajibkan pelaku usaha jasa keuangan memiliki mekanisme pelayanan dan penyelesaian pengaduan bagi konsumen serta pengaturan penyelesaian sengketa merupakan perlindungan hukum represif. Upaya PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia mencegah mis-selling yaitu dengan melakukan awareness campaigns kepada nasabah, serta melakukan training, audit skill, dan regular coaching bagi tenaga pemasarnya agar dapat melakukan pemasaran sesuai dengan ketentuan.
Kata Kunci: Mis-selling, Pemegang Polis, Perlindungan Hukum, Tenaga Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 10 May 2022 04:11
Last Modified: 20 Oct 2022 07:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6136

Actions (login required)

View Item View Item