Search for collections on Undip Repository

ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN PERANGKAT DESA TERHADAP ASAS PELAYANAN PUBLIK DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA (STUDI PADA DESA SIDOMULYO, KECAMATAN SALAMAN, KABUPATEN MAGELANG. - 005 HAN 2022

Suryoputri, Syifaa Afelyna and Susanto, Sri Nur Hari and Juliani, Henny (2022) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN PERANGKAT DESA TERHADAP ASAS PELAYANAN PUBLIK DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA (STUDI PADA DESA SIDOMULYO, KECAMATAN SALAMAN, KABUPATEN MAGELANG. - 005 HAN 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Mewujudkan pelayanan publik yang prima merupakan kewajiban setiap instansi pemerintah dalam rangka menjalankan pemerintahannya, salah satunya ialah pemerintah desa. Pelaksanaan pelayanan publik harus didasarkan pada asas penyelenggaraan pelayanan publik yang terdapat dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Sebagai penyelenggara pemerintahan desa maka perangkat desa memiliki kewajiban untuk memahami asas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman Perangkat Desa Sidomulyo terhadap asas penyelenggaraan pelayanan publik dan kaitannya dengan perwujudan pelayanan publik yang prima.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui pengamatan langsung dan wawancara serta didukung studi kepustakaan.
Temuan dalam penelitian ini berupa, pertama tingkat pemahaman Perangkat Desa Sidomulyo terhadap asas penyelenggaraan pelayanan publik berada pada tingkat madia, hal tersebut dapat diketahui dengan terpenuhinya 2 dari 3 indikator pemahaman yakni menerjemahkan dan menafsirkan. Kedua, tingkat pemahaman Perangkat Desa Sidomulyo terhadap asas penyelenggaraan pelayanan publik berpengaruh terhadap perwujudan pelayanan prima. Ketiga, perwujudan pelayanan prima dapat dilihat dari terpenuhinya kompetensi A6 dalam pelayanan prima sebuah organisasi. Hasil dari penelitian ini menyarankan: (1) meningkatkan pemahaman Perangkat Desa terhadap asas penyelenggaraan pelayanan publik, (2) mempelajari dasar pelayanan prima dan mengimplementasikannya, (3) meningkatkan peranan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik dan (4) meningkatkan kompetensi pegawai.
Kata kunci : Perangkat Desa Sidomulyo, Asas Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Pelayanan Prima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 28 Apr 2022 02:38
Last Modified: 28 Apr 2022 02:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6078

Actions (login required)

View Item View Item