Search for collections on Undip Repository

SEKOLAH DASAR INKLUSI DI SURAKARTA

Mahendra, Jehan and Harsritanto, Bangun Indrakusumo Radityo and Agung Budi Sardjono, Agung Budi Sardjono (2020) SEKOLAH DASAR INKLUSI DI SURAKARTA. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

[thumbnail of COVER LP3A.pdf] Text
COVER LP3A.pdf - Published Version

Download (300kB)
[thumbnail of BAB I_JEHAN.pdf] Text
BAB I_JEHAN.pdf - Published Version

Download (161kB)
[thumbnail of BAB II_JEHAN.pdf] Text
BAB II_JEHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III_JEHAN.pdf] Text
BAB III_JEHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV_JEHAN.pdf] Text
BAB IV_JEHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB V_JEHAN.pdf] Text
BAB V_JEHAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (52kB)

Abstract

Negara-negara di seluruh dunia menganjurkan agar setiap anak memiliki kesempatan untuk pergi ke sekolah umum, namun kenyataannya banyak anak, khususnya anak-anak penyandang hambatan/cacat, ditolak untuk kesempatan ini (UNICEF 2013, p. 3. )Hal ini terutama terjadi di negara-negara berkembang. Misalnya, di 2005 diperkirakan kurang dari 10% anak-anak penyandang hambatan/ cacat memiliki akses terhadap segala bentuk pendidikan di negara-negara Asia Tenggara (Chapman & Sarvi, 2017, p. 30. )Keadaan ini dapat dikaitkan dengan berbagai alasan, seperti keterlibatan beberapa kementerian dan pemangku kepentingan nonpemerintah dalam mendukung penyandang hambatan/ cacat, usaha terbatas dilakukan untuk mengumpulkan data dan kepekaan budaya tentang tingkat pengakuan adanya penyandang hambatan/cacat (Sharma & Ng, 2014. )Meskipun demikian, negara- negara di Asia Tenggara terus maju dengan mengembangkan program pendidikan atau sekolah inklusi.
Pendidikan inklusi adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering > Architecture Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Depositing User: agus pramono
Date Deposited: 27 Apr 2022 01:48
Last Modified: 27 Apr 2022 01:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6018

Actions (login required)

View Item View Item