Search for collections on Undip Repository

EVALUASI RENCANA TRASE JALAN SECARA SPASIAL JALAN TOL BAWEN – YOGYAKARTA

Marjuki, Bramantiyo and Rudiarto, Iwan (2018) EVALUASI RENCANA TRASE JALAN SECARA SPASIAL JALAN TOL BAWEN – YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (bab I)
bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text (bab V)
bab V.pdf

Download (438kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (483kB)

Abstract

Perencanaan infrastruktur idealnya tidak hanya mempertimbangkan aspek geoteknik dan kondisi fisik lokasi pembangunan infrastruktur saja, tetapi juga harus mampu mendukung pengembangan dan pembangunan wilayah yang menjadi lokus pembangunan infrastruktur tersebut. Salah satu teknik analisis spasial yang mampu mengintegrasikan berbagai karakteristik wilayah terkait dengan kesesuaiannya untuk penggunaan tertentu adalah analisis spasial multi kriteria. Melalui studi kasus perencanaan rute Jalan Tol Bawen - Yogyakarta, penelitian ini dimaksudkan untuk menerapkan teknik perencanaan trase jalan yang mempertimbangkan karakteristik wilayah melalui pelibatan analisis spasial multi kriteria, AHP, dan analisis least cost path. Hasil analisis kemudian dikomparasikan dengan trase Jalan Tol Bawen –
Yogyakarta preferensi pemerintah untuk melihat keunggulan dan kekurangan hasil
analisis.
Hasil analisis dan komparasi yang diperoleh menunjukkan bahwa rute jalan hasil analisis memiliki beberapa kelebihan dibanding rute preferensi pemerintah, sekaligus juga memiliki beberapa kekurangan. Kelebihan rute hasil analisis dibanding dengan rute preferensi pemerintah antara lain: lebih mampu
mengindari kawasan rawan bencana gempabumi dan gerakan tanah, lebih mampu mendukung preservasi kawasan lindung, lebih banyak berada pada area dengan topografi datar-landai, dan memiliki beban konstruksi tambahan sebagai akibat
perlintasan dengan jalan, sungai, dan jalur kereta api, yang lebih kecil, Dilihat dari aspek penggunaan lahan, rute hasil analisis juga berdampak negatif lebih kecil terhadap keberlanjutan lahan pertanian yang ada di wilayah penelitian.
Adapun kekurangan dari hasil analisis rute jalan yang diperoleh antara lain: belum mampu menghindari kawasan rawan banjir dan letusan gunungapi sebaik rute preferensi pemerintah, memiliki estimasi biaya pembebasan lahan yang lebih mahal, dan kurang dapat mendukung aktivitas industri dan pariwisata di wilayan penelitian, dibanding rute preferensi pemerintah. Penajaman metode, data, dan strategi penilaian cost jalan tol diperlukan untuk memperoleh hasil pemodelan dan analisis yang lebih baik dan tepat guna dalam mendukung perencanaan dan pembangunan infrastruktur wilayah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Engineering
Engineering > Urban and Regional Planning
Divisions: Faculty of Engineering > Master Program in Urban and Regional Planning
Depositing User: nurohmi pwk
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:23
Last Modified: 05 Jan 2022 06:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item View Item