Search for collections on Undip Repository

KEPRIBADIAN PROAKTIF, IKLIM, DAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DARING PADA MAHASISWA DEPARTEMEN TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Pertiwi, Talitha Lintang and Sawitri, Dian Ratna (2021) KEPRIBADIAN PROAKTIF, IKLIM, DAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DARING PADA MAHASISWA DEPARTEMEN TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO. Masters thesis, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

[img] Text
Upload Repository_Abstrak.pdf

Download (91kB)

Abstract

Merebaknya virus COVID-19 membuat pemerintah Indonesia memberlakukan beberapa kebijakan untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Salah satu kebijakan yang diterapkan adalah dan menerapkan pembelajaran secara daring di semua tingkatan pendidikan. Salah satu lembaga yang menerapkan pembelajaran secara daring adalah Departemen Teknik Kimia Universitas Diponegoro. Banyaknya perubahan sistem perkuliahan yang harus dihadapi, membuat mahasiswa Departemen Teknik Kimia harus memiliki kemampuan regulasi diri dalam belajar daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian proaktif dan iklim belajar daring dengan regulasi diri dalam belajar daring. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Departemen Teknik Kimia Universitas Diponegoro angkatan 2018, 2019, dan 2020 yang sedang menjalani perkuliahan daring selama pandemi. Terdapat tiga instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Skala Kepribadian Proaktif (10 aitem; α=0.865), Skala Iklim Belajar Daring (15 aitem; α=0.851), dan Skala Regulasi Diri dalam Belajar Daring (24 aitem; α=0.925). Subjek dalam penelitian ini adalah 213 mahasiswa Departemen Teknik Kimia Universitas Diponegoro yaitu 45.1% subjek laki-laki dan 54.9% subjek perempuan dengan rata-rata usia 17-22 tahun. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan uji F didapatkan nilai F sebesar 34.557 dengan signifikansi 0.000 (p<0.05), artinya terdapat hubungan antara variabel kepribadian proaktif dan iklim belajar daring dengan regulasi diri dalam belajar daring. Besar sumbangan efektif kepribadian proaktif dan iklim belajar daring yaitu sebesar 24.9% terhadap regulasi diri dalam belajar daring.

Kata kunci: regulasi diri dalam belajar daring, kepribadian proaktif, iklim belajar daring, pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:28
Last Modified: 04 Nov 2022 03:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5026

Actions (login required)

View Item View Item