Sholihah, Kholifah Umi and Sawitri, Dian Ratna (2021) Job Crafting dan Dukungan Keluarga dalam Kaitannya dengan Work-life Balance pada Anggota Posko Penanganan COVID-19 di Kecamatan Rembang. Masters thesis, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
Text
Abstrak_Kholifah US.pdf Download (82kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara job crafting dan dukungan keluarga dengan work-life balance pada anggota posko penanganan COVID-19. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Sampel pada penelitian ini sebanyak 177 orang yang diambil menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan modifikasi Skala Work-life Balance di Indonesia dengan jumlah item sebanyak 17 untuk mengukur work-life balance dengan α= 0,847, Skala Job Crafting Questionnaire (JCQ) yang telah ditranslasi dengan jumlah item sebanyak 15 dengan α= 0,847, dan skala Comprehensive Evaluation of Social Support (CESS) yang telah ditranslasi dengan jumlah item sebanyak 7 untuk mengetahui dukungan keluarga dengan α= 0,824. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara job crafting dan dukungan keluarga. Job crafting dan dukungan keluarga memiliki sumbangan efektif sebesar 62,2% terhadap work-life balance. Program atau edukasi terkait pentingnya job crafting dan dukungan keluarga perlu dilakukan untuk mencapai work-life balance anggota posko penanganan COVID-19.
Kata kunci: work-life balance, job crafting, dukungan keluarga, anggota posko penanganan COVID-19
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | work-life balance, job crafting, dukungan keluarga, anggota posko penanganan COVID-19 |
Subjects: | Social Science and Political Science Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 06:57 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 06:57 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5021 |
Actions (login required)
View Item |