Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dengan Pembelian Impulsif Produk Fashion Pada Mahasiswi Angkatan 2018 Faklutas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang

Prihatini Putri Devina, D and Indrawati Sri Endang, E (2021) Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dengan Pembelian Impulsif Produk Fashion Pada Mahasiswi Angkatan 2018 Faklutas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

[img] PDF
respository skripsi Devina Putri.pdf

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan pembelian impulsif produk fashion pada mahasiswi angkatan 2018 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Hipotesis yang diajukan adalah konformitas teman sebaya memiliki hubungan positif dengan pembelian impulsive poduk fashion. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 mahasiswi. Penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan skala konformitas teman sebaya dengan jumlah 23 aitem dengan koefisien reliabilitasnya 0,904 dan skala pembelian impulsif produk fashion dengan jumlah 28 aitem dengan koefisien reliabilitasnya 0,931. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan nilai koefisien (rxy = 0,592) dapat menjadi predictor yang signifikan, b =0,785 , t(8,308), p < 0,05; F(3,988), p < 0,05 Berdasarkan hasil analisis tersebut, terbukti bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan pembelian impulsif produk fashion, yang artinya semakin tinggi konformitas teman sebaya maka semakin tinngi pula pembelian impulsif produk fashion. Kemudian sebaliknya, semakin rendah konformitas teman sebaya maka semakin rendah pembelian impulsif produk fashion. Konformitas teman sebaya memberi sumbangan efektif sebesar 35% terhadap pembelian impulsif produk fashion, sedangkan 65% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi dan mengkaji lebih jauh mengenai variabel lain yang dapat menjadi faktor pembelian impulsif, memperluas karakteristik demografi dan melakukan metodologi yang beragam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:02
Last Modified: 05 Sep 2022 01:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/4566

Actions (login required)

View Item View Item