Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas XI SMA Al-Islam 1 Surakarta

Hanan, Dizza and Indriana, Yeniar (2021) Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas XI SMA Al-Islam 1 Surakarta. Undergraduate thesis, Undip.

[img] PDF
Hubungan antara pola asuh demokratis dengan kepercayaan diri pada siswa kelas XI SMA Al-Islam 1 Surakarta_Dizza Hanan.pdf

Download (121kB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakan hal yang dibutuhkan oleh remaja, salah satunya ketika berada di lingkungan sekolah. Kurikulum baru 2021 yang diterapkan oleh kemendikbud menuntut siswa untuk banyak aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri yaitu lingkungan keluarga, pola asuh adalah salah satu bagian penting di dalam lingkungan keluarga. Terdapat berbagai macam pola asuh, untuk penelitian ini berfokus dampak dari pola asuh demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan kepercayaan diri dengan hipotesis adanya hubungan positif antara pola asuh demokratis dengan kepercayaan diri. Populasi berjumlah sebanyak 245 siswa kelas XI SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sampel penelitian berjumlah 152 siswa ditentukan jumlah minimalnya berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala pola asuh demokratis (23 aitem valid; α= 0,882) dan skala kepercayaan diri (33 aitem valid; α= 0,913) . Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan hasil koefisien korelasi sebesar rxy = 0,413 dengan p= 0,000 (p<0,05) menunjukkan ada hubungan positif serta signifikan antara pola asuh demokratis dengan kepercayaan diri. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan yang positif antara pola asuh demokratis dengan kepercayaan diri pada siswa kelas XI SMA Al-Islam 1 Surakarta dapat diterima. Semakin tinggi pola asuh demokratis yang didapat maka akan semakin tinggi juga kepercayaan diri siswa. Sumbangan efektif pola asuh demokratis terhadap kepercayaan diri pada siswa kelas XI sebesar 17,1%. Peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri dengan menggunakan metode-metode yang beragam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:02
Last Modified: 05 Sep 2022 01:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/4561

Actions (login required)

View Item View Item