Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA ORIENTASI MASA DEPAN DAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Wisnujati, Seto Aji and Sawitri, Dian Ratna (2021) HUBUNGAN ANTARA ORIENTASI MASA DEPAN DAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] PDF
Ringkasan Skripsi Hubungan antara Orientasi Masa Depan dan Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa tahun Pertama di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.pdf

Download (74kB)

Abstract

Self-regulated learning (SRL) merupakan kemampuan individu dalam menetapkan tujuan untuk pembelajaran berdasarkan pengalaman masa lalu dan fitur kontekstual dari lingkungan saat ini. Kemampuan SRL diperlukan mahasiswa agar dapat mencapai prestasi akademik yang baik. Orientasi masa depan dapat menjadi variabel yang mendukung tercapainya keberhasilan SRL mahasiswa dalam proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara orientasi masa depan dan SRL pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi penelitian ini adalah 382 mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Sampel penelitian terdiri dari 200 mahasiswa (84% perempuan, Musia = 18,64 tahun) yang diperoleh melalui convenience sampling. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Orientasi Masa Depan (30 aitem, α= 0,916.) dan Skala SRL (24 aitem, α= 0,926.). Analisis Spearman-Rho menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara orientasi masa depan dan SRL (rs = 0,673; p < 0,05). Artinya semakin positif orientasi masa depan, maka semakin tinggi SRL mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 11 Aug 2022 09:12
Last Modified: 11 Aug 2022 09:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/4540

Actions (login required)

View Item View Item