Search for collections on Undip Repository

KAJIAN KESENJANGAN PENYEDIAAN FASILITAS PENDIDIKAN TINGKAT DASAR DAN MENENGAH DI KABUPATEN REMBANG

Melany, Dinda Rossi (2025) KAJIAN KESENJANGAN PENYEDIAAN FASILITAS PENDIDIKAN TINGKAT DASAR DAN MENENGAH DI KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO; FAKULTAS TEKNIK.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak Dinda Rossi.pdf

Download (234kB)

Abstract

Pembangunan wilayah yang merata diwujudkan melalui penyediaan fasilitas pendukung kegiatan
ekonomi dan infrastruktur bagi masyarakat. Kesenjangan penyediaan fasilitas antarkawasan serta distribusi
yang tidak sesuai dengan kebutuhan penduduk menjadi hambatan pembangunan wilayah, salah satunya
fasilitas pendidikan. Fasilitas pendidikan diperlukan dalam menghasilkan lulusan sebagai tenaga kerja
dengan keterampilan sesuai kebutuhan berdasarkan aktivitas ekonomi wilayah. Kabupaten Rembang
mengalami perluasan wilayah perkotaan serta peningkatan jumlah penduduk yang tinggal di kawasan
perkotaan mencapai 44,41% penduduk pada tahun 2023. Perluasan wilayah perkotaan perlu diiringi dengan
penyediaan fasilitas pendukung yang sesuai kebutuhan secara merata, termasuk fasilitas pendidikan.
Kabupaten Rembang dihuni oleh 18,39% penduduk usia sekolah pada tahun 2023 dan diperkirakan terus
mengalami peningkatan seiring tren kenaikan jumlah penduduk. Akan tetapi, nilai APM 2023 belum mencapai
100% pada setiap jenjang yang menunjukkan masih terdapat penduduk usia sekolah yang belum berpartisipasi
dalam kegiatan sekolah. Maka, diperlukan penyediaan fasilitas pendidikan yang terdistribusi sesuai kebutuhan
penduduk yang dilayani serta berkaitan dengan aktivitas ekonomi wilayah dalam mendukung pembangunan
wilayah Kabupaten Rembang di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering > Urban and Regional Planning
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Depositing User: nurohmi pwk
Date Deposited: 27 Mar 2025 06:55
Last Modified: 27 Mar 2025 06:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30926

Actions (login required)

View Item View Item