Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA FAKTOR – FAKTOR STRESS AKADEMIK DENGAN SELF EFFICACY (SIKAP KEPERCAYAAN DIRI) PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT DI UNIVERSITAS DIPONEGORO

BASARI, GALUH SIWI (2025) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR – FAKTOR STRESS AKADEMIK DENGAN SELF EFFICACY (SIKAP KEPERCAYAAN DIRI) PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT DI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of REPO GALUH.pdf] Text
REPO GALUH.pdf - Published Version

Download (372kB)

Abstract

Diketahui bahwa prevalensi mahasiswa semester akhir yang mengalami stress akademik terkait skripsi di Indonesia berada pada rentang 36,7% sampai 71,6%. Stress akademik pada mahasiswa berpengaruh terhadap menurunnya sikap percaya diri (self efficacy) mahasiswa dalam bidang akademik sehingga dapat menurunkan kemampuan resilliensi akademik dan meningkatkan risiko fenomena quarter life crisis serta menjadi faktor risiko dari kesehatan mental. Dengan demikian diketahui penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Faktor-Faktor Stress Akademik Dengan sikap kepercayaan diri Pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Desain studi yang digunakan yaitu observasional analitik menggunakan metode cross sectional. Populasi peneilitian ini Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Angkatan 2021 dan 2022 dengan cara pengambilan sampel berupa purposive random sampling, dan didapatkan jumlah sebanyak 102 orang. Berdasarkan hasil yang didapat, variabel yang berhubungan yaitu topik skripsi (P= 0,009), revisi skripsi (P= 0,001), dan hubungan dosen pembimbing (P= 0,001). Lalu variabel yang tidak memiliki hubungan yaitu manajemen waktu (P= 0,320). Kesimpulannya: sebanyak 80,4% responden merupakan wanita. Dan sebagian besar responden merasakan perasaan bingung, cemas, sakit kepala saat menentukan topik skripsi dan merasa takut, gugup, dan gelisah ketika ingin bimbingan dengan dosen pembimbing. Saran: Diperlukannya intervensi membangun pemahaman dan kemampuan pada variabel topik skripsi serta revisi skripsi dan membangun sikap aktif untuk bimbingan dengan dosen pembimbing.

Kata kunci : Faktor-Faktor Stress Akademik, Self Effiicacy, Kesehatan Mental, Mahasiswa Tingkat Akhir, Kesehatan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 25 Mar 2025 01:24
Last Modified: 25 Mar 2025 01:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30616

Actions (login required)

View Item View Item