Qoniah, Banatul (2025) Analisis Kestabilan Model Matematika Efek Glukagon Like Peptide -1 pada Sistem Regulasi Glukosa-Insulin. Undergraduate thesis, UNDIP.
![]() |
Text
file 1 Pendahuluan - qony banat.docx Download (60kB) |
![]() |
Text
file 3 DAFTAR PUSTAKA - qony banat.docx Download (23kB) |
Abstract
"Diabetes Melitus (DM) merupakan gangguan metabolisme yang di tandai dengan hiperglikemia yang berhubungan dengan abnormalitas metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein yang disebabkan oleh penurunan sekresi insulin atau penurunan sensitivitas insulin. Terdapat penelitian mengenai diabetes militus tipe 2 (DMT2) yaitu adanya upaya untuk memperbaiki kadar glukosa darah dan kadar insulin melalui stimulasi efek Glucagon-Like Peptide-1 (GLP-1) yang masih harus dikaji secara matematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis kestabilan model matematika efek GLP-1 terhadap regulasi glukosa-insulin. Dari model didapatkan dua titik kesetimbangan yaitu titik kesetimbangan patologis dan titik kesetimbangan fisiologis. Hasil analisis titik kesetimbangan diperoleh bahwa titik kesetimbangan patologis N_0 stabil secara lokal jika θ_1<1 sedangkan tidak stabil jika θ_1<1 dan titik kesetimbangan fisiologis N_i^*,i=1,2 stabil secara local jika θ_2>1 sedangkan tidak stabil jika θ_2<1. Simulasi numerik menggunakan metode Runge-Kutta orde 4 menggunakan data jurnal ilmiah yaitu kelompok tikus. Konsentrasi GLP-1 tertinggi dan kadar glukosa paling rendah terjadi pada kelompok tikus HC (tinggi kolesterol). Hal ini GLP-1 memberikan efek yang cukup baik terhadap regulasi glukosa-insulin.
Kata kunci: DM2, titik kesetimbangan, patologis, fisiologis, Runge-Kutta, tikus."
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Sciences and Mathemathic |
Divisions: | Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics |
Depositing User: | Nurcahya Yulian |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:50 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 02:50 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |