Yuli Sulistiani, Yuli (2024) GAYA BAHASA DAN MAKNA DALAM IKLAN PRODUK GLICO PADA CHANNEL YOUTUBE GLICO JAPAN Glico Japan の YouTube チャンネルにおける広告の言語スタイルと意味. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
SKRIPSI FIX YULI SULISTIANI (1) - Yurihae chan.pdf Download (605kB) |
Abstract
INTISARI
Sulistiani, Yuli. 2024. “Gaya Bahasa dan Makna dalam Iklan Produk Glico
pada Channel YouTube Glico Japan”. Skripsi. Program Studi S-1 Bahasa dan
Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Dosen
Pembimbing: Sriwahyu Istana Trahutami, S.S., M.Hum.
Penelitian ini bertujuan: 1. Mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan
dalam iklan pada Channel YouTube Glico Japan; 2. Mendeskripsikan makna yang
terkandung dalam iklan pada Channel YouTube Glico Japan. Data penelitian
diperoleh dari dua puluh enam buah iklan Glico yang terdapat pada channel
YouTube Glico Japan.
Metode pengambilan data pada skripsi ini menggunakan metode simak
dengan teknik catat. Kemudian untuk menganalisis data menggunakan teori analisis
data dari Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menyajikan hasil analisis
menggunakan metode informal.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan terdapat 16 gaya bahasa
repetisi; 1 simile; 2 metafora; 1 personifikasi; 3 hiperbola; dan 3 inversi dengan
total 26 data. Sedangkan untuk makna terdapat 12 makna konseptual, 12 makna
afektif dan 2 makna konotatif.
Kata kunci: gaya bahasa, iklan, metafora, makna
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Japanese |
Depositing User: | Mr indra kusuma |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:35 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:35 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |