Veren Nurcahyani, Veren (2024) REFLEKSI NILAI BUSHIDOU OLEH IBUKI HIIRAGI DALAM DRAMA 3 NEN A KUMI: IMA KARA MINA-SAN WA, HITOJICHI DESU KARYA SHOGO MUTO (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA) 武藤将吾の『3 年 A 組-今から皆さんは、人質です』という映画に伊吹柊がも うしていた武士道価値;文学的の社会学の分析. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Revisi Skripsi Veren Nurcahyani_13020217120015_compressed (1) - yuzha kanade.pdf Download (948kB) |
Abstract
INTISARI
Nurcahyani, Veren. 2024. “Refleksi Nilai Nilai Bushidou Oleh Ibuki Hiiragi dalam
Drama 3 Nen A Kumi: Ima Kara Mina-san wa, Hitojichi Desu karya Shogo Muto;
Kajian Sosiologi Sastra”. Skripsi, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang,
Universitas Diponegoro, Semarang. Dosen Pembimbing Zaki Ainul F, S.S., M.Hum.
Penelitian bertema refleksi nilai nilai bushidou dalam drama menggunakan objek
material drama remaja Jepang yang dirilis pada tahun 2019 berjudul 3 Nen A Kumi:
Ima Kara Mina-san wa, Hitojichi Desu.Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan unsur naratif dan nilai nilai bushidou yang terkandung dalam 3 Nen
A Kumi: Ima Kara Mina-san wa, Hitojichi Desu. Penelitian ini merupakan penelitian
kepustakaan dengan metode sosiologi sastra dan disajikan secara deskriptif kualitatif.
Teori tentang struktur naratif film yang dikemukakan oleh Pratista digunakan untuk
menganalisis struktur naratif film ini dan nilai nilai bushidou. Hasilnya, diketahui
bahwa dalam drama ini terdapat enam refleksi nilai niali bushido yang dilakukan oleh
Ibuki Hiiragi yakni: 1) integritas; 2) keberanian; 3) murah hati; 4) hormat dan santun;
5) kejujuran; 6) kesetiaan dan satu nilai yang tidak dicerminkan yaitu kehormatan.
Kata Kunci: Nilai; bushidou; 3 Nen A Kumi: Ima Kara Mina-san wa, Hitojichi Desu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Japanese |
Depositing User: | Mr indra kusuma |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:31 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:31 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |