Azis Wahyu, Azis (2024) PERBEDAAN PENGGUNAAN RAGAM BAHASA HORMAT (KEIGO) DAN RAGAM BAHASA BIASA (FUTSUUGO) DALAM LINGKUP BISNIS RAMAH-TAMAH (HOSPITALITY) ホスピタリティのビジネスにおける敬語と普通語の使い方の違い. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Azis Wahyu Laksono_Skripsi Full fix cetak_20 April 2024 - Azis Wahyu Laksono.docx Download (723kB) |
Abstract
INTISARI
Laksono, Azis Wahyu. 2024. “Perbedaan Penggunaan Ragam Bahasa Hormat
(Keigo) dan Ragam Bahasa Biasa (Futsuugo) dalam Lingkup Bisnis Ramah-tamah
(Hospitality)”. Skripsi Program Studi S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas
Ilmu Budaya , Universitas Diponegoro. Dosen Pembimbing: Reny Wiyatasari, S.S.,
M.Hum.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan penggunaan ragam
bahasa hormat (keigo) dengan ragam bahasa biasa (futsuugo) pada ranah lingkup bisnis
ramah-tamah (hospitality) masyarakat Jepang. Objek material dalam penelitian ini
diperoleh dari 3 sumber, yaitu novel Konbini Ningen Karya Sayaka Murata, akun Tik-
Tok “Topa Top”, dan kanal youtube Akaneteki Nihongo Kyoushitsu. Metode
pengumpulan data menggunakan teknik simak dan diteruskan dengan teknik
penyadapan dan metode catat untuk merekam data yang terkumpul. Untuk tahap
analisis menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu (PUP) dan
metode deskriptif. Sementara untuk metode penyadian data menggunakan metode
informal.
Berdasarkan hasil analisis, ditemukan 69 data tuturan yang terdiri dari 45 data
keigo dan 24 data futsuugo. Penggunaan keigo lebih sering digunakan oleh pihak
penyedia layanan. Bisnis yang paling banyak menggunakan keigo adalah bidang
perhotelan dan restoran. Sedangkan futsuugo lebih sering dituturkan oleh pelanggan.
Bentuk futsuugo lebih dituturkan untuk bidang usaha pariwista dan cafe. Pada konteks
wawancara keigo dan futsuugo digunakan oleh kedua penutur dengan menyesuaikan
tujuan ujaran. Faktor penggunaan keigo dan futsuugo dalam konteks pelayanan dan
hubungan bisnis disebabkan oleh unsur jouge kankei, namun dalam situasi wawancara
disebabkan oleh unsur uchi-soto.
Kata kunci: Sosiopragmatik, Keigo, Futsuugo, Bisnis ramah-tamah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Japanese |
Depositing User: | Mr indra kusuma |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 06:59 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 06:59 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |