Sofiana Salma, Sofiana (2024) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ANIME OUSHITSU KYOUSHI HAINE KARYA SUTRADARA KATSUYA KIKUCHI (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA) 菊池勝也監督によるとアニメ「王室教師ハイネ」に道徳教育. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
SKRIPSI LENGKAP_SOFIANA SALMA - Sofiana Salma.pdf Download (949kB) |
Abstract
INTISARI
Salma, Sofiana. “Pendidikan Karakter dalam Anime Oushitsu Kyoushi Haine Karya
Katsuya Kikuchi (Kajian Sosiologi Sastra)”, Skripsi Program Studi Bahasa dan
Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Dosen
Pembimbing Budi Mulyadi, S.Pd., M.Hum.
Anime Oushitsu Kyoushi Haine berkisah mengenai seorang guru bernama Haine
yang bertugas mendidik empat pangeran untuk mengejar tahta kerajaan. Status
sosial yang terdapat pada kerajaan itu membuat perilaku keempat pangeran menjadi
arogan akan status bangsawannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meneliti unsur
naratif film pada anime yang meliputi hubungan naratif dengan ruang, hubungan
naratif dengan waktu, dan struktur tiga babak. Tujuan selanjutnya adalah meneliti
strategi pendidikan karakter beserta dengan hasilnya melalui komponen karakter
baik. Teori yang terdapat dalam penelitian ini adalah teori unsur narati film yang
ditulis oleh Himawan Pratista dan teori strategi pendekatan komprehensif terhadap
nilai serta teori komponen karakter baik yang ditulis oleh Thomas Lickona. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode sosiologi
sastra. Hasil dari penelitian ini adalah Haine menggunakan kesembilan strategi
sesuai dengan kebutuhan setiap pangeran. Sehingga, terbentuk karakter baik dalam
diri setiap pangeran yang terdapat pada aspek dalam komponen karakter baik
sebagai wujud keberhasilan dari strategi yang telah diterapkan.
Kata kunci: pendidikan karakter, oushitsu kyoushi haine, komponen karakter baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Japanese |
Depositing User: | Mr indra kusuma |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:29 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 04:29 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |