ADHIATI, Sekarini (2024) STUDI MENGENAI PENINGKATAN KEUNGGULAN KOMPETITIF HIJAU KOMODITAS UDANG VANAME BERORIENTASI EKSPOR (Studi Kasus pada BBPBAP Jepara, CV Hadid Mukti Karya, dan BBIAPL Semarang). Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._T__Cover___12010122410016.pdf - Published Version Download (283kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._T___Abstrak_(Inggris)___12010122410016.pdf - Published Version Download (255kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._T___Abstrak_(Indonesia)___12010122410016.pdf - Published Version Download (279kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._T___Daftar_Isi___12010122410016.pdf - Published Version Download (397kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._T___Daftar_Pustaka___12010122410016.pdf - Published Version Download (432kB) |
![]() |
Text (Fultext PDF Bookmarks)
16._T___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010122410016.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Potensi laut Indonesia yang begitu luas menyimpan banyak kekayaan
sumber daya laut didalamnya, mulai dari tumbuhan laut hingga makhluk hidup,
termasuk udang. Potensi ini pun tentu saja memberi peluang bagi manusia untuk
memperoleh mata pencaharian, seperti pembudidaya udang. Potensi tersebut
selayaknya diikuti dengan penjagaan lingkungan yang lestari agar tidak berdampak
buruk bagi ekosistem laut. Namun saat ini, hal tersebut belum diimbangi dengan
wawasan lingkungan dan keamanan pangan.
Studi ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis apa saja
yang mempengaruhi green competitive advantage. Diawali dengan memiliki visi
bersama berwawasan lingkungan yang kemudian dituangkan dalam bentuk strategi
hijau proaktif sebagai langkah menunjukkan identitas organisasi hijau.
Riset ini mengambil tiga objek pada sektor perikanan yakni BBPBAP
Jepara, CV Hadid Mukti Karya Semarang, dan BBIAPL Semarang dengan posisi
narasumber masing-masing berupa perencana ahli pertama, pemilik usaha, dan
koordinator loka menggunakan metode penelitian kualitatif.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa green shared vision dan green
organizational identity merupakan pondasi awal bagi ketiga objek studi untuk
membangun keberlanjutan. Green shared vision dan green organizational identity
ini kemudian direalisasikan dalam bentuk proactive environmental strategy yakni
BBPABP Jepara dan BBIAPL Semarang menerapkan IPAL, Sertifikasi CPIB dan
CBIB sedangkan CV Hadid Mukti Karya dengan zero waste product strategi dan
resirkulasi tambak. Dari strategi proaktif hijau inilah yang dapat mempengaruhi
green competitive advantage. Untuk mencapai green competitive advantage ini
tidaklah mudah. Masih banyak yang harus dibenahi agar dapat menjual produk
dengan kualitas terbaik tanpa merusak ekosistem lingkungan yang ada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Green Shared Vision, Proactive Environmental Strategy, Green Organizational Identity, Green Competitive Advantage. |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Master Program in Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 07:36 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 07:36 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |