Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENGALAMAN MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Semarang, Jawa Tengah)

KUSUMAJAYA, Marius Ricky (2024) PENGARUH PENGALAMAN MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Semarang, Jawa Tengah). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1._S___Cover___12010120130244.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120130244.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120130244.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120130244.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120130244.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120130244.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Industri retail mengalami persaingan yang ketat ditandai dari modifikasi produk yang berkembang. Beberapa perusahaan berlomba- lomba memodifikasi
ide mereka di dunia fashion dengan menampilkan inovasi merek yang
berkelanjutan. Banyak penyebab konsumen yang datang tetapi tidak kembali
dikarenakan pengalaman yang buruk. Uniqlo sebagai salah satu industry retail
terbesar tentu juga menerapkan pengalaman merek yang baik dan benar.
Penelitian ini dikembangkan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan
pengalaman merek dan kualitas pelayanan Uniqlo khususnya Uniqlo Kota
Semarang terhadap minat beli kembali dari konsumen Uniqlo itu sendiri. Dalam
mempengaruhi minat beli kembali, pengalaman merek dan kualitas pelayanan
dimediasi oleh kepuasan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku konsumen terhadap merek.
Pada penelitian ini meneliti konsumen yang berdomisili di semarang dan
setidaknya pernah membeli 1 produk Uniqlo di semarang. Jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah 136 responden. Dengan metode pengumpulan data
menggunakan penyebaran kuesioner dan pengambilan sampel menggunakan non
probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data
yang digunakan pada penelitian ini menguji model serta hubungan yang
dikembangkan dalam penelitian ini adalah metode SEM (Structural Equation
Model) yang akan dioperasikan menggunakan program software AMOS (Analysis
of Moment Structure) versi 24.
Hasil pada penelitian ini berhasil membuktikan bahwa pengalaman merek
memiliki pengaruh yang signifikan secara positif terhadap Niat beli kembali dan
kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan secara positif juga terhadap
minat beli kembali. Pengaruh positif dan signifikan tersebut secara langsung
maupun tidak langsung dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Implikasi manajerial
yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan penelitian ini sebagai
pertimbangan untuk Uniqlo khususnya Starbucks Kota Semarang untuk
mengevaluasi strategi kualitas pelayanan dan pengalaman merek secara
terstruktur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman merek, Kualitas layanan, Kepuasan konsumen, Niat Beli Kembali
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 13 Mar 2025 07:41
Last Modified: 13 Mar 2025 07:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30147

Actions (login required)

View Item View Item