NAFIZA, Fadiyah Sefia (2024) ANALISIS PENGARUH ATTRACTIVENESS, TRUSTWORTHINESS, DAN EXPERTISE INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE PADA PRODUK WARDAH (Studi pada Calon Konsumen Kosmetik Wardah di Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12010120120034.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120120034.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120120034.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120120034.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120120034.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120120034.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Di era digital ini, media sosial menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi
masyarakat Indonesia. Hal ini membuka peluang besar bagi industri kosmetik
untuk memanfaatkan media sosial sebagai platform pemasaran. Salah satu strategi
yang banyak digunakan adalah influencer marketing, di mana Wardah, brand
kosmetik lokal ternama, telah sukses mengimplementasikannya. Fenomena ini
menarik untuk ditelaah lebih dalam, terutama faktor-faktor yang membuat
influencer marketing efektif dalam menarik minat konsumen. Selain itu, penelitian
terdahulu menunjukkan inkonsistensi terkait hubungan antara attractiveness
influencer dan minat beli konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat beli kosmetik
Wardah di Kota Semarang melalui attractiveness, trustworthiness, expertise, dan
brand image
Penelitian ini menggunakan model kerangka penelitian yang dikembangkan
berdasarkan teori dan penelitian terdahulu, dengan theory of reasoned action dan
theory of source credibility sebagai landasan analisisnya. Data dikumpulkan
melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada 129 responden di Kota
Semarang yang memenuhi kriteria, yaitu tertarik dengan Wardah, aktif di media
sosial, mengikuti influencer Wardah, dan berdomisili di Kota Semarang. Data
yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode
SEM (Structural Equation Modelling) dengan program AMOS (Analysis Moment
of Structural) 28.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara
attractiveness, trustworthiness, dan expertise terhadap brand image, serta
hubungan signifikan antara brand image dan purchase intention. Temuan ini
memberikan implikasi penting bagi Wardah dalam memilih influencer yang tepat
di Kota Semarang. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi Wardah
dalam mengambil keputusan strategis terkait influencer marketing untuk
meningkatkan purchase intention konsumen di Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Brand Image, Purchase Intention |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:42 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:42 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |