Search for collections on Undip Repository

DAYA UNGKIT DIVERSIFIED VIRAL MARKETING PADA KINERJA UKM EKONOMI KREATIF

PRASWATI, Aflit Nuryulia (2024) DAYA UNGKIT DIVERSIFIED VIRAL MARKETING PADA KINERJA UKM EKONOMI KREATIF. Doctoral thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1._D___Cover___12020118510003.pdf - Published Version

Download (253kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
4._D___Abstrak_(Inggris)___12020118510003.pdf - Published Version

Download (229kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
5._D___Abstrak_(Indonesia)___12020118510003.pdf - Published Version

Download (230kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
6._D___Daftar_Isi___12020118510003.pdf - Published Version

Download (247kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12._D___Daftar_Pustaka___12020118510003.pdf - Published Version

Download (578kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._D___Fulltext_PDF_Bookmars___12020118510003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Transformasi digital menjadi suatu keharusan bagi perusahaan yang ingin menjaga
keberlanjutan usahanya. Digitalisasi melalui e-commerce menjadi sumber kekuatan
perusahaan dalam melakukan perluasan pasar. Namun, ada fakta yang berbeda di
mana e-commerce implementation tidak selalu memengaruhi kinerja perusahaan. hal
ini menciptakan ruang untuk penyelidikan lebih lanjut. Mengacu pada Resource
Advantage Theory of Competition (RAToC), penelitian ini menggali perspektif baru
mengenai sumber daya informasional dan relasional yang dapat meningkatkan kinerja
perusahaan.
Penelitian ini menggunakan perspektif RAToC untuk mengusulkan konsep diversified
viral marketing sebagai upaya penyampaian nilai kepada konsumen yang
terklasifikasi dalam beberapa kelompok potensial secara cepat dan meluas.
Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana kontribusi e-commerce
implementation dalam meningkatkan kinerja perusahaan melalui diversifikasi
pemasaran yang bersifat cepat dan luas. Tujuan penelitian ini adalah membangun
model konseptual baru untuk memaksimalkan penerapan teknologi pemasaran dan
mengatasi kesenjangan antara e-commerce implementation dan kinerja perusahaan.
Model ini menguji peran e-commerce implementation, diversified viral marketing,
operational ambidexterity, customer acquisition optimization, dan SMEs performance
dengan menggunakan prosedur Structural Equation Modelling, 438 data responden
diolah dan didapatkan bahwa kelima hipotesis diterima dan satu ditolak. Berdasarkan
hasil penelitian hubungan mediasi dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang
menerapkan diversified viral marketing dan customer acquisition optimization akan
meningkatkan kinerja usaha. Penelitian ini memberikan penegasan pada RAToC
dalam menjelaskan proses penggunaan sumber daya berupa hubungan informasional
dan relasional bersifat speedy wide-spread yang mampu meningkatkan kinerja
perusahaan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: e-commerce implementation, customer acquisition optimization, diversified viral marketing, operational ambidexterity, performance, UKM
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Doctor Program in Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 10 Mar 2025 06:57
Last Modified: 10 Mar 2025 06:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30037

Actions (login required)

View Item View Item