RAMALI, Muhammad Akbar (2024) THE IMPACT OF MARKETING ACTIVITIES ON BRAND EQUITY WITH BRAND AWARENESS AND BRAND IMAGE AS MEDIATING VARIABLES (A STUDY ON THE CUSTOMERS OF TIKET.COM AT SEMARANG). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12010120190125.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120190125.pdf - Published Version Download (482kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120190125.pdf - Published Version Download (481kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120190125.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120190125.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120190125.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Industri agen perjalanan online di Indonesia mengalami pertumbuhan yang
signifikan dalam satu dekade terakhir. Sektor pariwisata yang terus berkembang
tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia membuat perkembangan
online travel agent menjadi sangat pesat. Berbagai online travel agent juga terus
berusaha mengembangkan fiturnya agar mampu bersaing. Salah satu online travel
agent ternama di Indonesia adalah Tiket.com. Berdasarkan data, meskipun
Tiket.com merupakan online travel agent pertama yang berdiri di Indonesia,
namun seiring berjalannya waktu, Tiket.com tidak pernah menempati posisi
teratas sebagai online travel agent pilihan utama masyarakat Indonesia. Hal ini
terjadi karena ekuitas merek Tiket.com tidak sekuat pesaing utamanya yaitu
Traveloka. Beberapa faktor yang mempengaruhi ekuitas merek antara lain
aktivitas pemasaran melalui media sosial, kesadaran merek, dan citra merek.
Penelitian ini ditujukan pada masyarakat di Kota Semarang, kemudian
pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 orang yang berusia di atas 17 tahun,
berdomisili di Kota Semarang, dan pernah menggunakan aplikasi Tiket.com
minimal satu kali. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
persamaan struktural (SEM) yang dioperasikan menggunakan AMOS versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima.
Dengan kata lain kegiatan pemasaran melalui media sosial mempunyai pengaruh
positif signifikan terhadap kesadaran merek, kegiatan pemasaran melalui media
sosial mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap citra merek, kesadaran
merek mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap citra merek, kesadaran
merek mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap ekuitas merek, dan citra
merek mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap ekuitas merek. Dimana
variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap ekuitas merek adalah
citra merek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Pemasaran Melalui Media Sosial, Kesadaran Merek, Citra Merek, Ekuitas Merek, Tiket.com, Kota Semarang |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:53 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:53 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |