Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN BEBAN KERJA MENTAL, MASA KERJA, DAN STRATEGI COPING STRESS TERHADAP TINGKAT STRES KERJA PADA GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM PB SOEDIRMAN JAKARTA TIMUR

AZKA, SYIVA LISAVIRA (2025) HUBUNGAN BEBAN KERJA MENTAL, MASA KERJA, DAN STRATEGI COPING STRESS TERHADAP TINGKAT STRES KERJA PADA GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM PB SOEDIRMAN JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of REPO SYIVA.pdf] Text
REPO SYIVA.pdf - Published Version

Download (502kB)

Abstract

Guru kelas adalah profesi yang didominasi oleh beban kerja mental akibat adanya penambahan tugas seperti pengawasan dan pembimbingan dalam kegiatan akademik dan non-akademik sehingga berpotensi menyebabkan stres berlebih. Selain itu, masa kerja dan strategi coping stres juga mempengaruhi tingkat stres dalam pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara beban kerja mental, masa kerja, dan strategi coping stress terhadap tingkat stres kerja guru kelas di SD Islam Pb Soedirman Jakarta Timur. Penelitian kuantitatif menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling yaitu seluruh guru kelas di SD Islam Pb Soedirman berjumlah 48 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan angket Occupational Stress Inventory-Revised EditionTM, Rating Scale Mental Effort, dan Brief Cope. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik Chi-Square dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52,1% responden mengalami beban kerja mental yang tinggi, 60,4% memiliki masa kerja lama (>5 tahun), 97,9% menggunakan strategi coping stress adaptif, dan 58,3% mengalami stres kerja sedang. Analisis bivariat menunjukkan nilai p-value dari variabel bebas terhadap variabel terikat tingkat stres kerja yaitu beban kerja mental (p = 0,001), masa kerja (p = 0,065) dan strategi coping stress (p = 0,583). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja mental memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat stres kerja guru kelas, sedangkan masa kerja dan strategi coping stress tidak memiliki hubungan yang signifikan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengelolaan beban kerja mental yang lebih efektif untuk mengurangi tingkat stres kerja pada guru kelas di SD Islam Pb Soedirman Jakarta Timur.
Kata Kunci : stres kerja, beban kerja mental, masa kerja, strategi
coping stress, guru kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 04 Mar 2025 04:52
Last Modified: 04 Mar 2025 04:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29872

Actions (login required)

View Item View Item