Rachmah, Ainu and Suyanto, Suyanto (2023) KOPI GELOMBANG KETIGA PADA HABITUS PELANGGAN MILENIAL DI AFTERWORK CAFFEINE (Studi Kasus pada Kalangan Milenial Kota Surabaya). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA.
![]() |
Text
Ainu Rachmah 13040218130064.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Ainu Rachmah 13040218130064_Cover.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
Ainu Rachmah 13040218130064_Bab I.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
Ainu Rachmah 13040218130064_Bab II.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
Ainu Rachmah 13040218130064_Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
![]() |
Text
Ainu Rachmah 13040218130064_Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
![]() |
Text
Ainu Rachmah 13040218130064_Bab V.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
Ainu Rachmah 13040218130064_Dafpus.pdf Download (242kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana
perkembagan konsumsi kopi filter pada era gelombang ketiga dengan konsumsi dan gaya hidup oleh pelanggan milenial yang terjadi di Afterwork Caffeine Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori habitus dari Pierre Bordieu. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini bersumber dari dua data, yaitu primer dan sekunder. Data primer didapat melalui wawancara mendalam dan observasi lapangan, serta data sekunder dihasilkan melalui studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan konsumsi kopi filter telah terbentuk dalam kehidupan kalangan milenial di Kota Surabaya dan menjadi kegiatan yang sudah biasa dilakukan sehingga menjadi gaya hidup. Pengunjung milenial meghabiskan waktu di Afterwork Caffeine dengan beragam aktivitas yang menunjukkan gaya hidup mereka, seperti bercengkrama bersama teman, berdiskusi, maupun mengerjakan tugas kuliah dan sebagainya. Kemudian, gaya hidup itulah yang berhubungan
dengan persoalan selera, habitus seseorang, lingkungan dan interaksi sosial.
Perilaku mengkonsumsi yang dilakukan oleh pelanggan milenial dapat dilihat dari aktivitas yang dilakukan, penampilan, alasan mengkonsumsi kopi, dan tempat kopi tersebut dijual. Dalam mengkonsumsi kopi, tidak hanya secangkir kopi yang dikonsumsi oleh pelanggan milenial, namun mereka juga mengkonsumsi prestise, status sosial, kesan elegan dan eksklusif, serta gaya hidup yang mereka pilih. Afterwork Caffeine sebagai tempat yang dituju untuk mengkonsumsi kopi filter juga dapat menjadi arena bertemunya bentuk-bentuk modal, habitus, dan praktek sosial di kalangan pengunjung milenial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy |
Depositing User: | Mr UPT Perpus Undip |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 04:26 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 04:26 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |