Search for collections on Undip Repository

Model EOQ untuk Barang yang Mudah Rusak yang Mengalami Penurunan Mutu dengan Masa Pakai Maksimum, Pembayaran Dimuka, dan Permintaan Bergantung pada Iklan

Khasanah, Luluk Atul (2022) Model EOQ untuk Barang yang Mudah Rusak yang Mengalami Penurunan Mutu dengan Masa Pakai Maksimum, Pembayaran Dimuka, dan Permintaan Bergantung pada Iklan. Undergraduate thesis, Fakultas Sains dan Matematika.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 2. HALAMAN JUDUL.pdf] Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 10. ABSTRAK.pdf] Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 11. ABSTRACT.pdf] Text
11. ABSTRACT.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 12. BAB I.pdf] Text
12. BAB I.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstract

Iklan adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan dan menyebarkan
popularitas produk. Hal ini sangat berpengaruh pada permintaan poduk. Di sisi lain, jika masa
pakai suatu produk sudah kadaluarsa maka produk tidak dapat dikomsumsi ataupun
digunakan kembali dan poduk akan semakin mengalami penurunan mutu. Dengan demikian,
masa pakai maksimum suatu produk (maximum lifetime) adalah masalah penting dalam
manajemen inventaris. Pembayaran di muka (advanced payment) merupakan faktor penting
lainnya diantara ketertkaitan pemasok dan pengecer. Dalam skema pembayaan di muka ini
akan mengurangi resiko adanya pembatalan pemesanan dan memastikan pengiriman
dilakukan tepat waktu. Dengan kasus ini, maka digunakan suatu optimalitas model inventaris
dengan algoritma solusinya. Melalui beberapa iterasi pada algoritma ini, maka akan diperoleh
frekuensi optimal iklan yang menentukan harga jual dan permintaan suatu produk. Dengan
demikian, keuntungan optimal suatu produk dapat ditentukan berdasarkan frekuensi iklan,
harga jual, dan permintaan produk yang sudah optimal.
Kata Kunci: Inventaris, iklan, masa pakai maksimum, pembayaran di muka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Suhersi Rahmadhani
Date Deposited: 26 Feb 2025 08:05
Last Modified: 26 Feb 2025 08:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29678

Actions (login required)

View Item View Item