NAPITUPULU, Adinda Puteri (2024) PENGARUH PROMOSI ONLINE TERHADAP KEINGINAN BELANJA ONLINE IMPULSIF DENGAN PENYESALAN YANG DIANTISIPASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12010120130286.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120130286.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120130286.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120130286.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120130286.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120130286.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat turut memengaruhi
kebiasaan masyarakat di berbagai aspek, salah satunya adalah adalah kebiasaan
berbelanja menjadi pembelian online melalui e-commerce. Ketatnya persaingan
antar pelaku usaha online mengharuskan mereka merumuskan strategi pemasaran
yang tepat. Promosi online yang ditawarkan pelaku usaha online harus mampu
menarik pelanggan dan membuat pelanggan merasa keputusan pembelian mereka
adalah suatu keuntungan. Promosi ini dapat dilakukan dengan penawaran harga
produk diskon dalam waktu yang singkat ataupun dengan kuantitas yang terbatas.
Hal ini akan memberi tekanan emosional pada pelanggan, sehingga mendorong
mereka untuk membuat keputusan pembelian secara cepat. Keadaan inilah yang
pada akhirnya mendorong memiliki keinginan belanja online secara impulsif.
Sampel dalam penelitian ini merupakan 180 individu berusia 17-34 tahun
yang pernah melakukan pembelian online produk skincare melalui marketplace
Shopee dan pernah menyaksikan Shopee Live di marketplace Shopee. Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM)
dengan metode Partial Least Square (PLS) dan diolah menggunakan perangkat
lunak SmartPLS 4.1.0.2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) promosi online berpengaruh
secara negatif terhadap penyesalan yang diantisipasi ke atas dan berpengaruh
secara positif terhadap penyesalan yang diantisipasi ke bawah, (2) penyesalan
yang diantisipasi ke atas berpengaruh secara negatif terhadap keinginan belanja
online impulsif dan penyesalan yang diantisipasi ke bawah berpengaruh secara
positif terhadap keinginan belanja online impulsif, (3) dalam hubungan pengaruh
antara promosi online terhadap keinginan belanja online impulsif, penyesalan
yang diantisipasi memainkan peran mediasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi Online, Promosi Berbatas Waktu, Promosi Berbatas Kuantitas, Penyesalan yang diantisipasi, High Involvement Product, Keinginan Belanja Online Impulsif |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:29 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:29 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |