SETIAWAN, BAGUS ANDIKA and Badriyah, Siti Malikhatun and Sarono, Agus (2025) TINJAUAN HUKUM PERBUATAN WANPRESTASI YANG DILAKUKAN CALO DALAM PERJANJIAN JUAL BELI TIKET KONSER COLDPLAY. _006 PDT 2025. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
BAGUS ANDIKA SETIAWAN - cover.pdf Download (554kB) |
![]() |
Text
BAGUS ANDIKA SETIAWAN - abstrak.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
BAGUS ANDIKA SETIAWAN - bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
![]() |
Text
BAGUS ANDIKA SETIAWAN - bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
![]() |
Text
BAGUS ANDIKA SETIAWAN - bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAGUS ANDIKA SETIAWAN - bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
![]() |
Text
BAGUS ANDIKA SETIAWAN - dapus.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
Abstract
Praktik jual beli tiket konser melalui perantara atau calo sering dianggap mempermudah akses pembelian tiket. Namun, dalam pelaksanaannya praktik ini kerap menimbulkan wanprestasi akibat tindakan calo yang tidak bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk wanprestasi yang dilakukan oleh calo dalam perjanjian jual beli tiket konser Coldplay, serta mengkaji perlindungan hukum dan mekanisme penyelesaian yang dapat ditempuh oleh konsumen selaku pihak yang dirugikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris yaitu menganalisis ketentuan hukum yang berlaku dan
membandingkannya dengan praktik yang terjadi di masyarakat dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data diperoleh melalui penelitian lapangan (wawancara) dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa calo terbukti melakukan wanprestasi karena memberikan jasa tiket yang tidak sesuai
kepada konsumen berupa penggandaan tiket yang diperjualbelikan kembali kepada konsumen lain. Hal ini menyebabkan konsumen tidak dapat menggunakan tiket sebagaimana mestinya sehingga hak konsumen dalam perjanjian tidak terpenuhi. Dalam hal ini, calo memiliki tanggung jawab hukum untuk memberikan ganti rugi
kepada konsumen atas kerugian yang timbul akibat wanprestasi yang dilakukan. Selain wanprestasi, tindakan ini juga melanggar hak-hak konsumen yang ada pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Apabila calo tidak menunjukkan itikad baik, maka konsumen yang dirugikan dapat
menempuh dua mekanisme penyelesaian, yaitu secara non-litigasi melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dengan mekanisme konsiliasi, mediasi, dan arbitrase dan/atau secara litigasi melalui pengadilan.
Kata Kunci: Wanprestasi, Jual Beli, Calo, Perjanjian, Perlindungan Konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wanprestasi, Jual Beli, Calo, Perjanjian, Perlindungan Konsumen |
Subjects: | Law |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | Perpus FH |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 04:00 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 04:11 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |