Antariksa, Fabian and Amirudin, Amirudin and Laksono, Arido (2023) Pemanfaatan Coffee Shop Pada Mahasiswa Antropologi Angkatan 2018 Universitas Diponegoro di Wilayah Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA.
![]() |
Text
Fabian Antariksa_13040217140011.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Fabian Antariksa_13040217140011_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Fabian Antariksa_13040217140011_Bab I.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text
Fabian Antariksa_13040217140011_Bab II.pdf Download (567kB) |
![]() |
Text
Fabian Antariksa_13040217140011_Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
![]() |
Text
Fabian Antariksa_13040217140011_Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
![]() |
Text
Fabian Antariksa_13040217140011_Bab V.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
Fabian Antariksa_13040217140011_Dafpus.pdf Download (529kB) |
Abstract
Budaya konsumsi dapat diartikan sebagai salah satu budaya pemanfaatan barang ataupun jasa yang disediakan oleh orang lain yang sifat nya sebagai pemuas kebutuhan saja. Aspek-aspek yang ditunjukkan dalam pemanfaatan coffee shop adalah bagaimana mereka menjadikan coffee shop sebagai wadah atau tempat mereka untuk membentuk suatu budaya konsumen tersebut dengan cara memanfaatkan tersebut sebagai tempat pemuas kebutuhan. Celia Lury menyatakan bahwa kesenangan yang dilepaskan dari berbagai kegiatan spesifik mempunyai potensi menjadi hal yang tak ada habisnya. Di dalam masyarakat telah nyata bahwa ‘aktualitas konsumsi gagal mewujudkan mimpi dan fantasi. Siklus terus menerus terhadap harapan dan kecemasan ini menjelaskan sifat konsumsi modern yang tak terpuaskan dan tak ada habisnya. Mahasiswa menghabiskan seluruh kegiatan nya di coffee shop yang menjadikan coffee shop sebagai suatu objek pemuas kebutuhan mereka yang secara tidak sadar menimbulkan gaya hidup yang konsumtif. Pada penelitian ini peneliti melihat ada pola yang menarik yang diteliti. Pola-pola konsumtif yang sudah berangsur sejak lama dan menjadikan pola budaya tersebut menjadi suatu kebudayaan yang sudah menjadi suatu kebiasaan mereka yang membuat diri mereka memanfaatkan tempat
tesebut sebagai alat pemuas kebutuhan dari segi kopi,tempat, lalu vibes yang mereka rasakan ketika mereka ditempat tesebut. Hasil penelitian juga
menunjukkan bahwa para informan menjadikan Coffee shop sebagai suatu wadah bagi mereka untuk mereka bagaiman memuaskan kebutuhan mereka dan juga sebagai suatu pembeda dari indentitas mereka itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy |
Depositing User: | Mr UPT Perpus Undip |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 09:06 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 09:51 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |