Search for collections on Undip Repository

PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP GAYA HIDUP KOMUNITAS XWF DI KOTA SEMARANG

Sitompul, Kesyiana Ajeng Monawaroh Putri and Laksono, Arido and Ramadhan, Dani Mohammad (2023) PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP GAYA HIDUP KOMUNITAS XWF DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA.

[thumbnail of KESYIANA AJENG MONAWAROH PUTRI SITOMPUL_13060116120008.pdf] Text
KESYIANA AJENG MONAWAROH PUTRI SITOMPUL_13060116120008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Cover.pdf] Text
KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Cover.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Bab I.pdf] Text
KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Bab I.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Bab II.pdf] Text
KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Bab II.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Bab III.pdf] Text
KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[thumbnail of KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Bab IV.pdf] Text
KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Bab V.pdf] Text
KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Bab V.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Dafpus.pdf] Text
KESYIANA AJENG MONAWAROH_13060116120008_Dafpus.pdf

Download (178kB)

Abstract

Game online Mobile legends kini sudah menjadi komoditas yang dikonsumsi
oleh masyarakat baik dari kalangan remaja maupun orang dewasa. Kegiatan bermain game yang dilakuan secara berkelanjutan akan bertransformasi menjadi gaya hidup baru. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di lapangan sebelum melakukan wawancara, dapat diolah menjadi sebuah hasil penelitian, observasi dengan melihat beberapa informan dari Komunitas XWF yang tengah asik bermain game online Mobile Legends di ponsel mereka masing-masing, tanpa memperhatikan sekelilingnya. Teori yang digunakkan dalam penelitian ini adalah teori ketergantungan media dan metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan informasi yang diperoleh peneliti, Anggota Komunitas XWF mengaku sudah kecanduan ataupun ketergantungan terhadap game online Mobile Legends, sehingga game tersebut menyebabkan perubahan gaya hidup baik itu perubahan kearah negatif maupun positif pada penggunanya. Perubahan negatif yang dirasakan oleh para anggota Komunitas XWF selama memainkan game online Mobile Legends tersebut yaitu perubahan gaya hidup pada segi sosial, kesehatan mata, pola tidur hingga ketergantungan pada produk media. Untuk perubahan positifnya sendiri, yang dirasakan oleh anggota Komunitas WXF adalah meningkatnya kemampuan dalam berbahasa inggris dan menigkatnya rasa sabar pada diri setiap individu. Para anggota Komunitas XWF hanya fokus memainkan game online Mobile Legends dan menjadikan game tersebut sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hiburan mereka
ketika mereka tidak memiliki aktivitas yang harus dilakukan. Game Mobile Legends juga menjadi pilihan utama informan untuk mengisi kebosanan mereka sehingga orang-orang di sekitar mereka akan terabaikan yang menyebabkan berkurangnya komunikasi di antara mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy
Depositing User: Mr UPT Perpus Undip
Date Deposited: 24 Mar 2025 08:06
Last Modified: 24 Mar 2025 09:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29442

Actions (login required)

View Item View Item