Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PEMASARAN PENGRAJIN UKIR PADA ERA GLOBALISASI DI SENTRA UKIR DAN PATUNG DESA MULYOHARJO KECAMATAN JEPARA KABUPATEN JEPARA

Devanti, Aulia Sekar and Laksono, Arido (2023) STRATEGI PEMASARAN PENGRAJIN UKIR PADA ERA GLOBALISASI DI SENTRA UKIR DAN PATUNG DESA MULYOHARJO KECAMATAN JEPARA KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA.

[thumbnail of SKRIPSI-AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030.pdf] Text
SKRIPSI-AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_cover.pdf] Text
AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Bab I.pdf] Text
AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Bab I.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Bab II.pdf] Text
AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Bab II.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Bab III.pdf] Text
AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[thumbnail of AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Bab IV.pdf] Text
AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[thumbnail of AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Bab V.pdf] Text
AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Bab V.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Dafpus.pdf] Text
AULIA SEKAR DEVANTI-13040218120030_Dafpus.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan bentuk
strategi pemasaran yang dilakukan pengrajin ukir pada era globalisasi, (2)
mengetahui dan mendeskripsikan hasil strategi pemasaran terhadap ekonomi
pengrajin ukir. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan
pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara mendalam dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teori Strategi
pemasaran oleh Philip Kotler dan teori Globalisasi oleh Arjun Appadurai. Subjek
penelitian ini adalah pengrajin ukir di Sentra Ukir dan Patung Desa Mulyoharjo,
Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi
pemasaran yang dilakukan oleh para pengrajin ukir dengan cara beralih ke industri
mebel, menjadi pihak ketiga dan mengikuti trend pemasaran online. Hasil strategi
pemasaran adalah produktivitas dan perekonomian pengrajin mengalami
peningkatan. Bentuk peningkatan berupa perekonomian membaik, permintaan
produk meningkat dan pengiriman hingga luar negeri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Anthroplogy
Depositing User: Mr UPT Perpus Undip
Date Deposited: 24 Mar 2025 07:53
Last Modified: 24 Mar 2025 08:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29441

Actions (login required)

View Item View Item