Search for collections on Undip Repository

TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI PERKAPALAN ANALISIS KEBUTUHAN CAT DAN LAJU KOROSI PADA KAPAL FERRY MENGGUNAKAN CAT XXX [CASE STUDY FERRY LOA 109,48 M]

FIKRI, DAFA’ NABILAL (2024) TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI PERKAPALAN ANALISIS KEBUTUHAN CAT DAN LAJU KOROSI PADA KAPAL FERRY MENGGUNAKAN CAT XXX [CASE STUDY FERRY LOA 109,48 M]. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of TRKP_S_Dafa' Nabilal Fikri.pdf] Text
TRKP_S_Dafa' Nabilal Fikri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of TRKP_S_Dafa' Nabilal Fikri COVER.pdf] Text
TRKP_S_Dafa' Nabilal Fikri COVER.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of TRKP_S_Dafa' Nabilal Fikri ABSTRAK.pdf] Text
TRKP_S_Dafa' Nabilal Fikri ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (72kB)

Abstract

Korosi adalah salah satu masalah utama yang harus diperhatikan dalam industri
kelautan, khususnya pada lambung kapal yang terbuat dari material baja. Proses ini dapat
menimbukan kerusakan yang cukup parah pada struktur kapal dan biaya yang cukup mahal
untuk kegiatan perbaikannya, sehingga perlindungan yang efektif untuk material baja kapal
sangat penting agar nilai laju korosi dapat dikendalikan dan proses terjadinya korosi dapat
dicegah. Salah satu perlindungan yang sering digunakan yaitu dengan metode pengecatan. Agar
biaya yang digunakan lebih efisien, maka kebutuhan cat yang akan digunakan perlu
diperhitungkan juga.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis estimasi kebutuhan cat untuk area flat
bottom, vertical side bottom dan topside berdasarkan data pengecatan kapal terbaru, serta
menghitung laju korosi pada lajur K, A, B sampai E kapal berdasarkan data ketebalan plat hasil
ultrasonic test tahun 2023 dan 2024. Untuk kapal dengan LOA 109,48 m diperoleh total
kebutuhan cat yang perlu digunakan yaitu 2733 liter. Lalu, untuk nilai rata-rata laju korosi yang
didapatkan yaitu 0,018 mm/tahun untuk portside dan 0,020 mm/tahun untuk starboard.
Selanjutnya, nilai laju korosi tertinggi yaitu pada lajur B area portside dengan nilai 0,026
mm/tahun. Sedangkan, nilai laju korosi terendah yaitu pada lajur A dan E area portside dengan
nilai 0,015 mm/tahun.
Kata Kunci: Korosi, Laju Korosi, Kebutuhan Cat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Korosi, Laju Korosi, Kebutuhan Cat
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Ship Building
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 08 Jan 2025 03:34
Last Modified: 08 Jan 2025 03:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29142

Actions (login required)

View Item View Item