Putra, Mochamad Gustav Reynaldi (2024) PRODUKSI VIDEO REELS INSTAGRAM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MASYARAKAT TERHADAP GARNIS NGEMIL (GARMIL). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
INHUM_S_MOCHAMAD GUSTAV REYNALDI PUTRA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
INHUM_S_MOCHAMAD GUSTAV REYNALDI PUTRA cover.pdf - Published Version Download (966kB) |
Abstract
Menurut Sholeh et al., (2021) pemanfaatan media sosial dalam
memperkenalkan produk melalui pembuatan konten sangat efektif dan efisien untuk
meningkatkan brand awareness, karena media sosial memiliki jangkauan penyebaran
informasi yang sangat luas tanpa terbatas ruang dan waktu. Garnis Ngemil (GarMil)
merupakan UMKM yang mencoba memanfaatkan media sosial untuk
memperkenalkan produknya. Namun, pengetahuan dan keterampilan pemilik dalam
memproduksi konten masih terbatas sehingga kurang dapat menarik perhatian publik
untuk meningkatkan brand awareness. Oleh karena itu, penulis membuat project Tugas
Akhir berjudul “Produksi Video Reels Instagram Sebagai Upaya Meningkatkan Brand
Awareness Masyarakat Terhadap Garnis Ngemil (GarMil)”. Dalam pelaksanaannya,
project ini melalui tiga proses yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pada
tahap pra produksi penulis menentukan konsep, membuat rancangan konten atau
Standard Sequence Guide (SSG), menentukan talent, menentukan lokasi, dan
menyiapkan properti serta peralatan shooting. Pada tahap produksi penulis melakukan
briefing terlebih dahulu sebelum shooting, kemudian melakukan setting lokasi dan
penataan wardrobe, baru kemudian melakukan proses pengambilan gambar.
Selanjutnya, pada tahap pasca produksi penulis melakukan editing video, kemudian
video yang telah berhasil diedit akan diriview terlebih dahulu sebelum akhirnya
dipublikasikan. Tahap akhir yang penulis lakukan adalah evaluasi untuk mengetahui
tingkat keberhasilan video atau konten tersebut dalam meningkatkan brand awareness.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa project tersebut berhasil meningkatkan brand
awareness dari yang semula 12,5% menjadi 91,6%, sehingga terdapat kenaikan tingkat
brand awareness sebanyak 79,1%. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa
produksi konten reels Instagram berhasil dalam meningkatkan brand awareness merek
Garnis Ngemil (GarMil) dari tingkatan unware of brand di mana masyarakat tidak
menyadari adanya merek GarMil menjadi brand recognition yaitu masyarakat
menyadari adanya merek GarMil melalui bantuan ciri khas seperti logo.
Kata Kunci: Video Konten, Reels Instagram, Brand Awareness, Humas, GarMil Stick
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Konten, Reels Instagram, Brand Awareness, Humas, GarMil Stick |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Public Relations |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 02:02 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 02:02 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |