ALEXANDER, DIMAS (2024) KONVERSI GOKART MOTOR BENSIN MENJADI GOKART MOTOR LISTRIK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
RPM_S_DIMAS ALEXANDER.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RPM_S_DIMAS ALEXANDER_COVER.pdf - Published Version Download (867kB) |
Abstract
Seiring perkembangan zaman, alat transportasi mulai berkembang pesat dengan
tidak menggunakan bahan bakar minyak, melainkan menggunakan energi listrik yang
digerakan oleh motor listrik dimana dayanya disimpan dalam baterai. Gokart ini
memiliki spesifikasi standart balap. Salah satunya yaitu Gokart yang memiliki inovasi
teknologi dengan penggunaan motor listrik. Dengan desain yang lebih sederhana dan
biaya pemeliharaan rendah, Gokart listrik tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga
memberikan performa lebih baik. Metode yang digunakan untuk mengkonversi Gokart
dari motor bensin menjadi listrik yaitu dengan membuat desain, perhitungan
perencanaan, proses manufaktur, dan pengujian. Untuk mengkonversi Gokart motor
bensin menjadi listrik dengan cara mengganti semua komponen menjadi motor listrik.
Motor listrik yang digunakan dilengkapi dengan controller untuk menyetting Gokart
agar dapat berjalan, berhenti, dan mundur. Pengujian yang dilakukan pada jalan dengan
lintasan datar yang meliputi pengujian akselerasi, deselerasi, top speed, dan pengujian
pada kecepatan konstan dengan berat pengemudi 90 kg. Hasil yang diperoleh adalah
pengujian akselerasi dilakukan dengan cara menghitung waktu menggunakan
stopwatch disetiap jarak 20, 40, 60, 80, 100 meter menghasilkan nilai tertinggi yaitu
0,9 m/s2. Pengujian deselerasi dilakukan dengan cara melakukan kecepatan 2,78, 5,55,
8,33, 11,11, dan 13,89 m/s dan mencatat waktu yang diperlukan hingga Gokart berhenti
total, menghasilkan nilai deselerasinya yaitu 3 m/s2 dengan kecepatan awal 13,89 m/s
dan waktu pengereman 4,54 s serta jarak pengereman 31 m. Pengukuran kecepatan
maksimal dan kecepatan konstan menggunakan GPS Speedometer memiliki nilai yang
sama yaitu 14,72 m/s dengan waktu yang dibutuhkan 130 s pada jarak 630 m. Jarak
tempuh maksimal yang mampu dicapai yaitu 70 km dan nilai traksi yang didapatkan
sebesar 875,12 N.
Kata kunci : Gokart listrik, Go Green, Baterai, Akselerasi, Deselerasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gokart listrik, Go Green, Baterai, Akselerasi, Deselerasi. |
Subjects: | Engineering |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:22 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:22 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |