Search for collections on Undip Repository

KONVERSI GOKART MOTOR BENSIN MENJADI GOKART MOTOR LISTRIK

SETIONINGRUM, UMI (2024) KONVERSI GOKART MOTOR BENSIN MENJADI GOKART MOTOR LISTRIK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[thumbnail of RPM_S_Umi Setioningrum.pdf] Text
RPM_S_Umi Setioningrum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RPM_S_Umi Setioningrum cover.pdf] Text
RPM_S_Umi Setioningrum cover.pdf - Published Version

Download (832kB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, alat transportasi mulai berkembang pesat dengan
tidak menggunakan bahan bakar minyak, melainkan menggunakan energi listrik yang
digerakan oleh motor listrik dimana dayanya disimpan dalam baterai, Gokart ini
memiliki spesifikasi untuk standar balap. Salah satunya yaitu Gokart yang memiliki
inovasi teknologi dengan penggunaan motor listrik. Dengan desain yang lebih
sederhana dan biaya pemeliharaan rendah, Gokart listrik tidak hanya ramah
lingkungan tetapi juga memberikan performa lebih baik. Metode yang digunakan
untuk mengkonversi Gokart dari motor bensin menjadi listrik yaitu dengan membuat
desain, perhitungan perencanaan, proses manufaktur, dan pengujian. Untuk
mengkonversi Gokart motor bensin menjadi listrik dengan cara mengganti semua
komponen menjadi motor listrik. Motor listrik yang digunakan dilengkapi dengan
controller untuk menyetting Gokart agar dapat berjalan, berhenti, dan mundur.
Pengujian yang dilakukan pada jalan dengan lintasan datar yang meliputi pengujian
akselerasi, deselerasi, top speed, dan pengujian pada kecepatan konstan dengan berat
pengemudi 58 kg. Hasil yang diperoleh adalah pengujian akselerasi dilakukan dengan
cara menghitung waktu menggunakan stopwatch disetiap jarak 20, 40, 60, 80, 100
meter menghasilkan nilai tertinggi yaitu 0,85 m/s2
. Pengujian deselerasi dilakukan
dengan cara melakukan kecepatan 2,78, 5,56, 8,33, 11,11 dan 13,89 m/s dan mencatat
waktu yang diperlukan hingga Gokart berhenti total, menghasilkan nilai
deselerasinya yaitu 3 m/s2
dengan kecepatan awal 50 km/h dan waktu pengereman
4,54 s serta jarak pengereman 31 m. Pengukuran kecepatan maksimal dan kecepatan
konstan menggunakan GPS Speedometer memiliki nilai yang sama yaitu 53 km/jam
dengan waktu yang dibutuhkan 80 s pada jarak 380 m. Jarak tempuh maksimal yang
mampu dicapai yaitu 70 km dan nilai traksi yang didapatkan sebesar 799,76 N.
Kata kunci : Transportasi listrik, Gokart listrik, polusi udara, Akselerasi, Deselerasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transportasi listrik, Gokart listrik, polusi udara, Akselerasi, Deselerasi
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:21
Last Modified: 06 Jan 2025 02:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29075

Actions (login required)

View Item View Item