Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA KAMPOENG DJADHOEL KOTA SEMARANG

Anantama, Muhammad Reyhan (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA KAMPOENG DJADHOEL KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (464kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (489kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (188kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (54kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Destinasi pariwisata Kampoeng Djadhoel merupakan tempat wisata yang terletak
di Kampung Batik Tengah, Rejomulyo, Kota Semarang. Meskipun memiliki
potensi wisata yang unik, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh
Kampoeng Djadhoel, mulai dari minimnya inovasi atraksi, kurang lengkapnya
sarana dan prasarana, kurangnya kuantitas sumber daya manusia yang ada, dan
belum adanya investor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan
internal dan eksternal serta menganalisis isu strategis yang didapatkan. Metode
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan
menggunakan sumber data primer serta data sekunder dengan alat analisis berupa
analisis SWOT dan Uji Litmus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan destinasi pariwisata Kampoeng Djadhoel belum dapat dikatakan
optimal karena minimnya dana yang tersedia untuk mengembangkan inovasi atraksi
dan perbaikan atau pengadaan sarana dan prasarana baru, serta kurangnya kuantitas
sumber daya manusia yang tersedia karena aktivitas pariwisata yang ada belum bisa
dijadikan mata pencaharian utama. Adapun hasil dari SWOT menunjukkan bahwa
terdapat 9 isu strategis pengembangan, yang setelah dilakukan Uji Litmus diperoleh
3 isu strategis yang dapat diterapkan sebagai prioritas dalam pengembangan
pariwisata. Saran dari penelitian ini adalah merencanakan dan meningkatkan
kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan; memanfaatkan sumber daya
manusia untuk mengembangkan inovasi pariwisata berbasis teknologi; mengajukan
pendanaan kepada pemerintah atau sektor swasta untuk pengembangan inovasi
atraksi wisata baru.
Kata Kunci: Batik, Budaya, Pariwisata, Strategi Pengembangan
257 Publik 2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 03 Jan 2025 08:20
Last Modified: 03 Jan 2025 08:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29052

Actions (login required)

View Item View Item