LESTARI, YUNI PUJI (2024) MODIFIKASI ATV BERPENGGERAK MOTOR BENSIN MENJADI ATV BERPENGGERAK MOTOR LISTRIK (TUGAS KHUSUS : MANUFAKTUR). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
RPM_S_YUNI PUJI LESTARI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RPM_S_YUNI PUJI LESTARI Cover.pdf - Published Version Download (920kB) |
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, tren global menunjukkan peningkatan yang
signifikan dalam adopsi kendaraan listrik sebagai alternatif yang ramah lingkungan
terhadap kendaraan berbasis bahan bakar fosil. Transisi ini tidak hanya mengurangi
emisi gas rumah kaca tetapi juga mengurangi ketergantungan pada sumber daya alam
yang terbatas. Dalam konteks ini, modifikasi kendaraan off-road seperti ATV (AllTerrain Vehicle) dari penggerak bensin menjadi penggerak listrik menawarkan
peluang untuk memanfaatkan teknologi kendaraan listrik dalam aplikasi yang lebih
luas.Tugas Akhir ini berfokus pada modifikasi ATV yang awalnya menggunakan
motor bensin menjadi ATV yang digerakkan oleh motor listrik. Proses modifikasi
melibatkan penggantian motor bensin dengan motor listrik, serta penyesuaian
komponen lainnya seperti baterai, sistem pengendali, dan rangka. Komponen utama
yang digunakan dalam ATV listrik meliputi motor listrik berdaya tinggi, baterai
lithium iron phosphate dengan kapasitas yang memadai, serta sistem pengendali yang
canggih untuk mengoptimalkan performa kendaraan. Dalam pengujian performa ATV
listrik yang telah dimodifikasi, hasil menunjukkan kecepatan maksimum yang dicapai
pada mode speed 1 adalah 17 km/jam, seperti yang terukur pada pengujian ke-1. Pada
mode speed 3, kecepatan maksimum mencapai 29 km/jam pada pengujian ke-3,
sementara kecepatan maksimum pada mode mundur tercatat sebesar 14 km/jam.
Akselerasi pada speedmode 1 akselerasi didapatkan sebesar 0,74 m/s². Akselerasi pada
speedmode 2 akselerasi didapatkan sebesar 0,76 m/s² . Akselerasi pada speedmode 3
akselerasi didapatkan sebesar 0,81 m/s² .Durasi penggunaan baterai pada mode speed
1 mencapai 3,07 jam, sedangkan pada mode speed 3 durasinya adalah 2,02 jam.
Pengujian juga menunjukkan bahwa durasi pengisian baterai tercepat adalah 3,88 jam,
seperti yang tercatat pada pengujian ke-3. Kecepatan efektif pada mode speed 1 di
medan tanjakan 45° adalah 11,8 km/jam. Kecepatan efektif pada mode speed 3 di
medan tanjakan 45° adalah 20,3 km/jam. Kecepatan efektif pada mode speed 1 di
medan yang tidak rata adalah 7,71 km/jam. Kecepatan efektif pada mode speed 3 di
medan yang tidak rata adalah 18,8 km/jam.
Kata kunci : Kendaraan Listrik, ATV, Sistem Mekanik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendaraan Listrik, ATV, Sistem Mekanik |
Subjects: | Engineering |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 03:02 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 03:02 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |