SANJAYA, WENDI MAHENDRA (2024) ANALISIS PENGARUH VARIASI DESAIN DAN MATERIAL TERHADAP KEKUATAN REAR LEAF SPRING VOLVO FH 16 DI PT SAPTAINDRA SEJATI JOBSITE ADARO MINING OPERATION. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
RPM_S_Wendi Mahendra S..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RPM_S_Wendi Mahendra S. Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Industri pertambangan merupakan sektor ekonomi yang sangat bergantung
pada penggunaan alat berat. Keberadaan alat berat dalam setiap proyek sangat vital
untuk mendukung pembangunan infrastruktur maupun dalam mengeksplorasi hasil
tambang. Diperlukan perawatan berkala untuk menjaga performa dan safety dari alat
berat tersebut. Volvo FH 16 merupakan unit utama yang ada di hauling road PT
Saptaindra Sejati jobsite Adaro Mining Operation dalam aktivitas coal hauling yaitu
pengangkutan batu bara dari ROM (run of mine) menuju ke stock yard atau pelabuhan.
Salah satu komponen utama dalam menunjang aktivitas tersebut adalah suspensi.
Seringkali unit mengalami breakdown unschedule pada komponen tersebut berupa
patahnya rear leaf spring yang mana dapat menghambat aktivitas produksi. Karena
permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk menganalisis pengaruh variasi desain
dan material terhadap kekuatan rear leaf spring Volvo FH 16 dengan finite element
method (FEM) menggunakan bantuan software ansys structural. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis nilai deformasi total, tegangan, regangan, dan safety
factor yang dihasilkan oleh berbagai variasi material dan desain (jumlah pegas daun)
yang diaplikasikan pada rear leaf spring Volvo FH 16. Berdasarkan analisis dengan
software ansys structural diperoleh desain dan material yang paling optimal digunakan
pada Volvo FH 16 yaitu desain jumlah pegas daun 9 dengan material AISI 6150.
Adapun beban yang diterima material AISI 6150 di sesuaikan dengan kondisi beban
standar sebesar 161.865 N dengan menghasilkan deformasi total sebesar 0,017127
mm, tegangan maksimum sebesar 414,72 MPa, dan safety factor sebesar 1,5673.
Kata kunci : Rear Leaf spring, static structural, Finite Element Method (FEM), Finite
Element Analysis (FEA), Solidwork, Ansys Structural, Jobsite, Material.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rear Leaf spring, static structural, Finite Element Method (FEM), Finite Element Analysis (FEA), Solidwork, Ansys Structural, Jobsite, Material. |
Subjects: | Engineering |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:06 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:06 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |