Search for collections on Undip Repository

ANALISIS AGILE GOVERNANCE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA

Almira, Puspa (2024) ANALISIS AGILE GOVERNANCE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (319kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (207kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (206kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya penggunaan aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman oleh masyarakat
Kota Surakarta dan timbulnya permasalahan pelayanan online terkait alur
pelayanan dan server aplikasi menjadi permasalahan tersendiri dalam tata kelola
pemerintahan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Konsep
Agile Governance muncul sebagai pedoman dalam pelaksanaan tata kelola
pemerintahan. Agile Governance merujuk pada konsep tata kelola pemerintahan
yang fleksibel, cepat, dan responsif dalam menghadapi perubahan yang tidak
terduga untuk memenuhi tuntutan serta kebutuhan masyarakat yang terus
berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Agile
Governance dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat Agile
Governance pada aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Disdukcapil Kota Surakarta telah melaksanakan tiga prinsip secara optimal yakni
good enough governance, human focused dan systematic and adaptive approach.
Terdapat dua prinsip yang belum diterapkan secara optimal yakni based on quick
wins dan simple design and continuous refinement. Faktor pendukungnya yaitu
Sumber Daya Manusia yang berkompeten, pengawasan kinerja oleh pimpinan,
sistem dibuat langsung oleh ahlinya dan kepatuhan masyarakat. Faktor
penghambatnya yakni landasan hukum yang berlaku, komunikasi dan kurangnya
kesadaran pemerintah akan pentingnya penilaian kinerja aplikasi. Rekomendasi
yang diberikan yakni mengadakan rapat evaluasi secara rutin untuk memperbaiki
pola komunikasi yang buruk dan menetapkan Key Performace Indicator aplikasi
sebagai pedoman kerja untuk menciptakan performa aplikasi yang optimal.
Kata Kunci : Agile, Governance, Pelayanan Publik, Responsif.
190/Publik/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 20 Dec 2024 04:00
Last Modified: 20 Dec 2024 04:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28184

Actions (login required)

View Item View Item