Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERFORMA HEAT TRANSFER PADA PLASTIC WELDING TERHADAP SAMBUNGAN PELAT PERAHU BERBAHAN HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD

PUTRA, LOVIAN EGA NOORCAHYA (2024) ANALISIS PERFORMA HEAT TRANSFER PADA PLASTIC WELDING TERHADAP SAMBUNGAN PELAT PERAHU BERBAHAN HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of TRKP_S_LOVIAN EGA NOORCAHYA PUTRA.pdf] Text
TRKP_S_LOVIAN EGA NOORCAHYA PUTRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of TRKP_S_LOVIAN EGA NOORCAHYA PUTRA COVER.pdf] Text
TRKP_S_LOVIAN EGA NOORCAHYA PUTRA COVER.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of TRKP_S_LOVIAN EGA NOORCAHYA PUTRA ABSTRAK.pdf] Text
TRKP_S_LOVIAN EGA NOORCAHYA PUTRA ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (265kB)

Abstract

Dewasa ini, penggunaan material HDPE (High Density Polyethylene) sebagai
alternatif dalam pembuatan perahu nelayan mempunyai keuntungan yang lebih baik daripada
bahan kayu ditinjau dari segi teknis dan ekonomis. Untuk merakit bagian konstruksi perahu,
salah satu metode yang digunakan adalah pengelasan plastik atau plastic welding. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh besar stress, strain, dan bentuk deformasi yang
tercipta akibat distribusi temperatur pasca proses plastic welding terhadap sambungan pelat
berbahan High Density Polyethylene (HDPE) yang mana penulis mencoba memprediksi
dengan menggunakan bantuan software Finite Element Method (FEM). Ukuran dimensi
spesimen yang akan digunakan yaitu 200mm x 200mm x 10mm menggunakan single V-Butt
joint dengan besar sudut bevel 90o
serta memiliki root opening dan root face sebesar 2mm.
Kemudian, untuk temperatur pengelasan tiap sampel akan divariasikan dari 290oC, 315oC, dan
340oC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan extrusion temperature 290°C
menunjukkan nilai stress 37,591 MPa, thermal strain 0,017617 mm/mm, dan deformasi
3,2215 mm. Kemudian extrusion temperature 315°C menunjukkan nilai stress 38,954 MPa,
thermal strain 0,018255 mm/mm, dan deformasi 3,3368 mm. Dan terakhir, untuk extrusion
temperature 340°C menunjukkan nilai stress 44,191 MPa, thermal strain 0,020706 mm/mm,
dan deformasi 3,7796 mm. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa semakin besar extrusion
temperature yang diberikan pada material las, maka nilai tegangan, regangan dan deformasi
material akan semakin besar pula. Hal tersebut harus diperhatikan waktu dan proses
pengelasannya yang mana penerapannya pada kapal bagian parallel middle body dan lajur
pengelasan linear karena HDPE mempunyai melting point yang rendah sehingga dapat
mempengaruhi hasil akhir produknya dan dapat memungkinkan menimbulkan deformasi.
Namun di sisi lain, proses heat transfer cukup berperan dalam proses pembentukan haluan dan
buritan kapal yang mana butuh temperatur tinggi atau tertentu untuk membantu membentuk
lembaran pelat HDPE menjadi bentuk hasil bending.
Kata Kunci: HDPE (High Density Polyethylene), Plastic Welding, Heat Transfer, Finite
Element Method (FEM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: HDPE (High Density Polyethylene), Plastic Welding, Heat Transfer, Finite Element Method (FEM)
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Ship Building
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 19 Dec 2024 03:33
Last Modified: 19 Dec 2024 03:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28152

Actions (login required)

View Item View Item