Cahyati, Putri Regina and Nency, Yetty Movieta and Rahmadi, Farid Agung (2023) Hubungan Pengetahuan dan Persepsi anak SD (Sekolah Dasar) terhadap Keinginan Vaksinasi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text (ABSTRAK)
Hubungan Pengetahuan dan Persepsi anak SD (Sekolah Dasar) terhadap Keinginan Vaksinasi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).pdf Download (143kB) |
Abstract
Latar Belakang: Persepsi adalah respon individu terhadap sesuatu melalui panca indera untuk mendapat pengetahuan. Pengetahuan adalah pemahaman setelah melihat, mengalami atau mengenali suatu hal. Keinginan adalah dorongan untuk memiliki sesuatu tanpa mempertimbangkan urgensi, kebutuhan, maupun waktu. Persepsi dan pengetahuan dapat berpengaruh terhadap keinginan seseorang dalam melakukan vaksinasi, karena jika pengetahuan dan persepsi yang didapat kurang baik, maka seseorang tidak akan ingin melakukan vaksinasi Covid-19.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan persepsi anak SD (sekolah dasar) terhadap keinginan vaksinasi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).
Metode: Penelitian ini menggunakan uji observasional analitik dengan desain penelitian belah lintang. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar usia 6-11 tahun di Kecamatan Tembalang dan Banyumanik. Data diambil menggunakan kuesioner penelitian mengenai pengetahuan dan persepsi yang telah tervalidasi. Analisis statistik menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov, karena data berdistribusi tidak normal maka uji korelasi menggunakan Spearman test.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian yang terdiri dari 100 responden, didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan keinginan vaksinasi Covid- 19 (p=0.000), terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dengan keinginan vaksinasi Covid-19 (p=0.000), terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan persepsi mengenai vaksinasi Covid-19 (p=0.000).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan dan persepsi anak SD dengan keinginan vaksinasi Covid-19, terdapat hubungan antara pengetahuan dengan persepsi mengenai vaksinasi Covid-19, dan ditemukan pada siswa dengan usia 10-11 memiliki pengetahuan dan persepsi yang lebih baik dibandingkan dengan siswa usia 6-9 tahun.
Kata kunci: Vaksinasi, Covid-19, Pengetahuan, Persepsi, Anak SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Vaksinasi, Covid-19, Pengetahuan, Persepsi, Anak SD. |
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Medicine |
Depositing User: | Upload Mandiri FK |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 03:36 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 03:36 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |