Search for collections on Undip Repository

SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN DI KOTA SEMARANG

Fahreza Attala H, Vinka (2024) SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[thumbnail of 01 Cover - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf] Text
01 Cover - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[thumbnail of 03 Halaman Pengesahan - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf] Text
03 Halaman Pengesahan - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[thumbnail of 05 Abstrak - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf] Text
05 Abstrak - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[thumbnail of 11 Bab 1 - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf] Text
11 Bab 1 - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 12 Bab 2 - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf] Text
12 Bab 2 - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 13 Bab 3 - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf] Text
13 Bab 3 - Vinka Fahreza Attala Hanif.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting dalam pembangunan bangsa. Saat ini, sistem pendidikan konvensional masih mendominasi sistem yang ada, dimana para siswa melakukan kegiatan pembelajaran di dalam ruang yang tertutup. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan siswa kurang melakukan interaksi dengan alam sekitar, padahal lingkungan juga menjadi salah satu aspek yang penting dalam perkembangan siswa. Sehingga sistem pendidikan non-konvensional diperlukan dalam mengakomodasi kegiatan siswa dalam belajar dengan melibatkan aspek lingkungan di dalamnya. Sekolah Alam dianggap dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mewujudkan sistem pembelajaran non-konvensional, karena Sekolah Alam merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menggunakan lingkungan di luar sekolah untuk belajar. Sekolah Alam diharapkan dapat menjadi alternatif pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Tema yang digunakan dalam perancangan Sekolah Alam ini adalah Arsitektur Berkelanjutan. Arsitektur berkelanjutan yaitu menciptakan integrasi antara bangunan dengan lingkungan. Arsitektur Berkelanjutan menciptakan keseimbangan dengan memanfaatkan potensi baik material maupun aspek lingkungan. Kata Kunci: Sekolah Alam; berkelanjutan; lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering > Architecture Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Depositing User: Magister Arsitektur
Date Deposited: 13 Dec 2024 07:56
Last Modified: 13 Dec 2024 07:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27875

Actions (login required)

View Item View Item