Alifiardy, Muhammad Raihan (2022) STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL LABEL REKAMAN SUN EATER RECORDS DALAM MELAKUKAN KAMPANYE DIGITAL KARYA MUSIK INDEPENDEN. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (657kB) |
![]() |
Text
BAB 1 .pdf Download (775kB) |
![]() |
Text
BAB 2 .pdf Download (632kB) |
![]() |
Text
BAB 3 .pdf Download (708kB) |
![]() |
Text
bab empat.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5 .pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
Abstract
Sun Eater Records merupakan label rekaman independen baru yang
dikategorikan sebagai salah satu label rekaman yang memiliki peran penting
terhadap ekosistem industri musik independen di Jakarta karena kemampuan yang
sangat adaptif pada pengelolaan media sosial melalui konten-kontennya. Dengan
adanya digitalisasi industri musik, terdapat persaingan ketat diantara musisi dan
label rekaman indie dalam mendominasi tangga lagu di Indonesia, sehingga Sun
Eater Records masih harus bersaing dengan label rekaman independen lainnya
dalam hal mempertahankan rata-rata jumlah stream karya musiknya. Sebagai label
rekaman yang adaptif pada media sosial, Sun Eater Records telah melakukan
berbagai bentuk kampanye digital dalam mempromosikan karya musiknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemanfaatan media
sosial label rekaman Sun Eater Records dalam melakukan kampanye digital karya
musik independen dengan menggunakan pedoman langkah perencanaan
kampanye menurut Anne Gregory. Penelitian ini digambarkan berdasarkan
sembilan kategori yaitu Analysis, Goals and Objectives, Target Audience,
Message, Strategy, Tactics, Timescales, Resources, dan Evaluation. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Terdapat tiga teori yang menjadi pedoman pada penelitian ini yaitu teori
Integrated Marketing Communication, Teori Pemrosesan Informasi, dan teori
Uses and Gratification. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara mendalam (in-depth interview) dan studi pustaka.
Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu. Strategi yang diterapkan pada
kampanye adalah melakukan proses segmenting dan proses targeting, serta
memastikan adanya koordinasi dan integrasi yang baik di antara seluruh aspek
bisnis perusahaan. Taktik pelaksanaan yang dilakukan adalah membagi kampanye
menjadi tiga jenis yaitu pre-release, hari-H release, dan post-release, yang diisi
dengan campaign organic, campaign non-organic, short campaign, dan side
content.
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran Media Sosial, Kampanye
143 kom 2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 03:03 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 03:03 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |