PURBA, NANCY AGANIS and Njatrijani, Rinitami and Rahmanda, Bagus (2024) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN BITTERSWEET BY NAJLA MENGENAI IKLAN YANG BERLEBIHAN DITINJAU DARI UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. _Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
NANCY AGANIS PURBA-cover.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
NANCY AGANIS PURBA-abstrak.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
NANCY AGANIS PURBA-bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
![]() |
Text
NANCY AGANIS PURBA-bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
![]() |
Text
NANCY AGANIS PURBA-bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
![]() |
Text
NANCY AGANIS PURBA-bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
![]() |
Text
NANCY AGANIS PURBA-dapus.pdf Download (119kB) |
Abstract
Di tengah persaingan yang semakin ketat, para pelaku usaha berusaha semaksimal mungkin menggunakan berbagai strategi untuk menarik minat konsumen. Demi meningkatkan nilai jual produk, terkadang pelaku usaha menggunakan cara-cara yang tidak etis, salah satunya melalui periklanan. Pelaku usaha membuat janji-janji berlebihan mengenai kualitas dan kuantitas produk untuk menarik minat konsumen. Tujuan dilakukan penulisan ini adalah untuk mengetahui tanggung jawab hukum pelaku usaha mengenai iklan yang berlebihan terhadap konsumen. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui implementasi perlindungan konsumen Bittersweet by Najla mengenai iklan yang berlebihan ditinjau dari UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis-empiris. Dalam menggunakan metode yuridis-empiris ini dilakukan pendekatan yang dilakukan dengan cara mengkaji dan menganalisis ketentuan-ketentuan hukum yang mengatur mengenai perlindungan konsumen khususnya terkait dengan praktik periklanan yang berlebihan sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Namun, fokus kajian tidak hanya pada
substansi hukum itu sendiri, tetapi juga pada bagaimana hukum itu diterapkan, dirasakan, dan dimaknai oleh masyarakat dalam praktiknya. Selanjutnya spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analis. Metode pengumpulan datanya ialah data primer dan data sekunder melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan.
Hasil penelitian penulisan hukum ini menunjukkan diperlukan adanya tanggung jawab hukum pelaku usaha sebagai akibat dari belum terlaksananya kewajiban pelaku usaha untuk memberikan informasi iklan yang jelas dan benar serta adanya perbuatan yang dilarang bagi pelaku usaha. Pertanggungjawaban hukum yang dilakukan pelaku usaha ialah memberikan ganti rugi produk
makanan secara gratis kepada konsumen. Pemenuhan tanggung jawab hukum oleh pelaku usaha Bittersweet by Najla belum berjalan secara menyeluruh dan merata bagi seluruh konsumen yang dirugikan. Implementasi perlindungan konsumen pada penelitian ini juga masih belum terlaksana dengan baik karena terdapat hambatan-hambatan dalam mewujudkan implementasinya sehingga perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengatasi hambatan hukum dan hambatan non hukum guna mewujudkan implementasi perlindungan konsumen.
Kata Kunci: Implementasi, Perlindungan Konsumen, Periklanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Perlindungan Konsumen, Periklanan |
Subjects: | Law |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | Perpus FH |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 07:15 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 07:15 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |