Supriadi, Rossa Zahra (2024) IMPLEMENTASI TEORI AIDA MELALUI PRODUKSI KONTEN DI YAYASAN DAMPAK SOSIAL INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN PENGIKUT PADA PLATFORM TIKTOK @DAMPAKSOSIAL.ID. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
INHUM_S_Rossa Zahra Supriadi cover.pdf - Published Version Download (930kB) |
![]() |
Text
INHUM_S_Rossa Zahra Supriadi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Yayasan Dampak Sosial Indonesia (DSI), sebuah NGO yang berfokus pada
perubahan sosial melalui edukasi dan pembangunan berkelanjutan, menghadapi
tantangan dalam penyebaran informasi melalui akun TikTok @dampaksosial.id,
yang hanya memiliki 83 pengikut per 26 Maret 2024. Untuk mengatasi hal ini,
proyek tugas akhir ini memproduksi 12 video baru yang menarik dan relevan,
menggunakan teori AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action) dan metode
prapoduksi, produksi hingga pascaproduksi sebagai strategi public relations. Konsep
dari konten yang dibuat dibagi menjadi tiga yaitu Branding DSI Flagship Program,
Testimoni DSI Flagship Program, Issue and Tips. Adapun prinsip riset komunikasi
yang digunakan adalah 7-Cs yaitu Credibility, Contex, Content, Clarity, Continuity
and Consistency, Channels, Capability of The Audience. Proyek ini juga menemukan
bahwa konten edukasi lebih efektif dalam meningkatkan interaksi dan pertambahan
pengikut dibandingkan konten hiburan, yang meskipun menghasilkan jumlah viewers
tinggi, kurang berhasil dalam menarik pengikut baru. Di samping itu, konten dibuat
dengan beberapa taktik di antaranya konsep storytelling, penggunaan hook, lagu
viral, durasi, hingga tagar yang relevan. Capaian dari setiap konten yang telah
mengadaptasi teori AIDA yaitu Awareness dilihat dari jumlah viewers yang
didapatkan, Interest dan Desire dilihat dari jumlah likes dan komentar, sertta Actions
dilihat dari pertambahan jumlah pengikut. Selanjutnya, hal tersebut dikemas dalam
sebuah rancangan SSG (Standar Sequence Gueide) dan dievaluasi dengan Key
Performance Indicator serta fitur insight platform TikTok. Hasilnya, jumlah
pengikut meningkat sebesar 83%, atau sebanyak 69 akun baru per 30 Agustus 2024.
Kata Kunci: Teori AIDA, Konten, TikTok, Strategi Public Relations, Pertumbuhan Pengikut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori AIDA, Konten, TikTok, Strategi Public Relations, Pertumbuhan Pengikut |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Public Relations |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 07:09 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 07:09 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |