Khoiruddiniyah, Nida Fitri (2024) PRODUKSI VIDEO KAMPANYE MEDIA SOSIAL #IndonesiaBicaraBaik SEBAGAI PENERAPAN DALAM PENYEBARAN PESAN POSITIF DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @perhumas_indonesia. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
INHUM_S_NIDA FITRI COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
INHUM_S_NIDA FITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Kampanye #IndonesiaBicaraBaik merupakan Kampanye yang diinisiasi Perhumas
sejak 2015 untuk menciptakan komunikasi yang positif dan membangun di Indonesia.
Tujuan kampanye ini pada sosial media adalah untuk mengedukasi masyarakat
Indonesia untuk tetap berkomunikasi positif di media sosial seperti mengajak dan
menyebarkan kebaikan tentang menghindari hoaks, ujaran kebencian, dan juga
cyberbullying. Video kampanye #IndonesiaBicaraBaik dibuat berseri dan
dipublikasikan pada Instagram @perhumas_indonesia untuk membantu menyebarkan
informasi dan menanamkan nilai yang terkandung dalam kampanye
#IndonesiaBicaraBaik. Dalam pembuatannya, melalui tahapan dalam metode yang
digunakan yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Video tersebut
mengandung informasi tentang pengenalan dan sejarah kampanye
#IndonesiaBicaraBaik, bahaya hoaks, budayakan mengecek terlebih dahulu sebelum
menyebarkan informasi, melaporkan berita hoaks, tidak saling melempar ujaran
kebencian, dan dampak dari cyberbullying. Analisis atau aktivitas di media sosial,
seperti jumlah penayangan, likes, dan komentar yang signifikan, muncul setelah
konten video kampanye diunggah. Hal ini menunjukkan bahwa penulis video
kampanye dapat memberikan informasi dan pesan positif kepada pengguna media
sosial. Selain itu, komentar yang positif pada postingan video kampanye
menunjukkan partisipasi masyarakat. Selain itu, komentar-komentar tersebut berisi
pertanyaan-pertanyaan yang dijawab oleh pihak-pihak yang menonton video tersebut.
Ini membantu orang-orang yang awalnya tidak menyadari kampanye
#IndonesiaBicaraBaik dan pesan positif yang disampaikannya.
Kata Kunci : Indonesia Bicara Baik, Kampanye, Media Sosial, Instagram, Produksi
Video, Perhumas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Indonesia Bicara Baik, Kampanye, Media Sosial, Instagram, Produksi Video, Perhumas. |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Public Relations |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 07:54 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 07:54 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |