Search for collections on Undip Repository

PRODUKSI VIDEO KONTEN SEBAGAI SARANA EDUKASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM WOMEN’S SPACE DI PLATFORM TIKTOK

Syahputri, Dinda Amelia (2024) PRODUKSI VIDEO KONTEN SEBAGAI SARANA EDUKASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM WOMEN’S SPACE DI PLATFORM TIKTOK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of INHUM_S_Dinda Amelia Syahputri COVER.pdf] Text
INHUM_S_Dinda Amelia Syahputri COVER.pdf - Published Version

Download (764kB)
[thumbnail of INHUM_S_Dinda Amelia Syahputri.pdf] Text
INHUM_S_Dinda Amelia Syahputri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang produksi konten video ini muncul dari kebutuhan untuk mendukung
pemberdayaan perempuan di Indonesia, terutama dalam aspek kesehatan,
pendidikan, dan pengembangan diri. Meskipun Program Women's Space dari PT
Paragon Technology and Innovation telah berjalan secara offline dan online,
platform media sosial TikTok belum dimanfaatkan secara optimal untuk
menyebarkan konten edukasi yang konsisten. Sebagai solusi, dirancanglah produksi
10 video edukasi yang difokuskan pada pemberdayaan perempuan di TikTok.
Setiap konten mengangkat topik yang relevan, seperti manajemen waktu bagi
perempuan karier, pentingnya kesehatan fisik dan mental, self-love, serta kontribusi
perempuan dalam teknologi. Proses produksi dimulai dari pra-produksi yang
melibatkan perencanaan ide, pembuatan naskah, dan diskusi dengan tim. Tahap
produksi mencakup pengambilan gambar sesuai konsep, diakhiri dengan proses
pasca-produksi yang meliputi editing dan penyusunan video. Hasil dari produksi ini
berhasil meningkatkan interaksi audiens, dengan konten yang secara konsisten
dibagikan setiap minggu di TikTok. Respon audiens menunjukkan peningkatan
kepuasan dan kesadaran terkait tema yang diangkat, memberikan dampak positif
pada kesuksesan Program Women's Space. Dengan optimalisasi TikTok, konten
edukasi ini diharapkan dapat terus mendukung perempuan di Indonesia dalam
mengembangkan diri mereka secara lebih baik, sekaligus meningkatkan jangkauan
program kepada perempuan produktif di berbagai wilayah.
Kata Kunci: TikTok, Women’s Space, Program CSR, Media Sosial, Konten Edukasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: TikTok, Women’s Space, Program CSR, Media Sosial, Konten Edukasi
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 07 Nov 2024 06:29
Last Modified: 13 Nov 2024 08:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27236

Actions (login required)

View Item View Item