Search for collections on Undip Repository

PRODUKSI KONTEN KREATIF TIKTOK SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN CIRCA CAFE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Mustafidah, Indana Zahratul (2024) PRODUKSI KONTEN KREATIF TIKTOK SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN CIRCA CAFE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of INHUM_S_INDANA ZAHRATUL MUSTAFIDAH_COVER.pdf] Text
INHUM_S_INDANA ZAHRATUL MUSTAFIDAH_COVER.pdf - Published Version

Download (604kB)
[thumbnail of INHUM_S_INDANA ZAHRATUL MUSTAFIDAH.pdf] Text
INHUM_S_INDANA ZAHRATUL MUSTAFIDAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia (2023), jumlah coffe shop di Indonesia terus
mengalami pertumbuhan dari tahun 2019 hingga 2023. Hal tersebut juga terjadi di Kabupaten
Pati. Pertumbuhan industri kopi yang semakin pesat mendorong para pelaku usaha dibidang
coffee shop untuk terus berinovasi. Circa Cafe sebagai salah satu pemain utama dalam industri
ini, perlu mempertimbangkan langkah-langkah yang lebih inovatif guna meningkatkan reputasi
dan daya tarik konsumennya. Meskipun sudah menyajikan menu yang beragam dan memiliki
lokasi yang menarik, penjualan Circa Cafe cenderung fluktuatif. Selain itu, pengamatan
terhadap akun TikTok Circa Cafe menunjukkan bahwa platform ini belum dimanfaatkan secara
maksimal. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan konten kreatif di media sosial TikTok
Circa Cafe untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran mereka dan meraih peningkatan
penjualan. Tugas akhir ini disusun melalui pendekatan metode pengkaryaan bidang dengan tiga
tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Melalui tugas akhir ini, berhasil
dibuat sepuluh konten kreatif yang telah diunggah dalam bentuk video. Survei yang dilakukan
setelahnya menunjukkan bahwa konten TikTok Circa Cafe sangat efektif dalam
memperkenalkan Circa Cafe kepada audiens. Video yang diunggah secara konsisten setiap hari
pada waktu yang sama berpengaruh positif terhadap interaksi dan keterlibatan audiens dengan
konten tersebut. Semakin konsisten unggahan, semakin tinggi tingkat keterlibatannya. Oleh
karena itu, diharapkan Circa Cafe dapat terus memanfaatkan konten yang diproduksi secara
konsisten untuk meningkatkan penjualan.
Kata Kunci: Circa Cafe, TikTok, Konten Kreatif, Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Circa Cafe, TikTok, Konten Kreatif, Penjualan
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 07 Nov 2024 06:46
Last Modified: 07 Nov 2024 06:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27229

Actions (login required)

View Item View Item