Atana, Mochamad Issa (2024) CREATING BILINGUAL CUSTOMER SERVICE GUIDEBOOK FOR PT ANGKASA PURA I JENDERAL AHMAD YANI AIRPORT SEMARANG (SECOND & THIRD FLOOR). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
BASING_S_Mochamad Issa Atana (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BASING_S_Mochamad Issa Atana (1) cover.pdf - Published Version Download (378kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul "Membuat Buku Panduan Pelayanan Pelanggan Multibahasa
Untuk PT Angkasa Pura I Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang " dan bertujuan
untuk membuat buku panduan multibahasa yang dapat mempermudah petugas
pelayanan pelanggan dalam memberikan pelayanan terhadap penumpang terutama
yang menggunakan bahasa Inggris di area bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.
Terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah, bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang
merupakan “bandara terapung” karena letaknya yang berada di rawa. Petugas
customer service di bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang memiliki pelayanan
yang baik, namun masih memerlukan keterampilan berbahasa Inggris yang lebih
lancar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D)
dengan model Borg dan Gall, melalui beberapa tahap seperti: survei lapangan,
pengumpulan data, perencanaan, produksi, dan evaluasi. Metode penelitian yang
digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah buku panduan
berjudul “Bilingual Guidebook for Airport Customer Service” yang memuat materi
percakapan dua bahasa antara petugas dan penumpang. Evaluasi melalui uji coba
praktis dan analisis umpan balik menunjukkan bahwa pendekatan R&D efektif dalam
menghasilkan produk buku panduan yang relevan dan berkualitas, sehingga buku
panduan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan bandara
Jenderal Ahmad Yani Semarang.
Kata Kunci: Buku Panduan, Multibahasa, Pelayanan Pelanggan, Bandara Jenderal
Ahmad Yani Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guidebook,Bilingual,CustomerService,Jenderal Ahmad YaniAirport Semarang |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in English |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 08:41 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:01 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |