Muflih, Ihsan Sulthan (2024) PEMBUATAN FILM PENDEK PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
BASING_S_Ihsan Sulthan Muflih.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BASING_S_Ihsan Sulthan Muflih Cover.pdf - Published Version Download (360kB) |
Abstract
Pembuatan film pendek pelestarian permainan tradisional bakiak ini bertujuan
untuk memperkenalkan salah satu kebudayaan permainan tradisional di Indonesia kepada
warganegara asing khususnya negara Jepang. Selain itu, dalam film pendek ini dilengkapi
dengan subtitle berbahasa Jepang supaya mempermudah penutur asli dari negara Jepang
untuk memahami makna dari film pendek tersebut. Selain itu dengan visual dan narasi yang
menarik, film ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terhadap kekayaan budaya
Indonesia terutama dalam melestarikan permainan tradisional di tengah perkembangan
zaman yang terus berkembang pesat. Bakiak merupakan permainan tradisional yang
melibatkan beberapa anak berdiri di atas papan kayu panjang. Bakiak biasanya dimainkan
secara berkelompok mulai dari tiga sampai empat regu dan sering dijadikan lomba
kecepatan.
Selanjutnya, dalam pembuatan film pendek ini penulis menggunakan metode
Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono yang mencakup 10
langkah penelitian. Namun, penulis melakukan penyesuaian langkah penelitian tanpa
mengurangi nilai dari metode penelitian tersebut, menjadi 8 langkah penelitian saja.
Penyesuaian ini dilakukan agar lebih relevan dengan kebutuhan spesifik dalam
memproduksi film pendek. Selanjutnya, dalam pembuatan film pendek ini penulis
menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh
Sugiyono yang mencakup 10 langkah penelitian. Namun, penulis melakukan penyesuaian
langkah penelitian tanpa mengurangi nilai dari metode penelitian tersebut, menjadi 8
langkah penelitian saja. Penyesuaian ini dilakukan agar lebih relevan dengan kebutuhan
spesifik dalam memproduksi film pendek. Untuk pengumpulan data, Penulis menggunakan
observasi partisipatif yang mana penulis berkunjung langsung ke lapangan dan ikut serta
dalam kegiatan observasi. Melalui metode ini, penulis juga ikut serta dalam memainkan
peran dalam film pendek ini.
Untuk mengetahui kualitas produk, penulis melakukan validasi dengan melibatkan
dosen pembimbing dan penutur asli bahasa Jepang. Setelah lolos validasi, produk akan
dilanjutkan dengan iuji coba kepada masyarakat lokal dan warga negara asing, khususnya
warga negara asal Jepang. Setelah melakukan uji coba, diketahui hasil respons yang sangat
baik terhadap film pendek ini yaitu dengan skor rata-rata yang diperoleh dari hasil uji coba
ahli media dan penutur asli bahasa Jepang mencapai 3,7 dengan presentase kelayakan
sebesar 93,3% dan untuk hasil uji coba dari masyarakat umum mencapai 3,6 dengan
presentase kelayakan sebesar 91,6% untuk aspek isi konten, visual, audio dan kebahasaan
sehingga dapat disimpulkan bahwa, film pendek ini dinilai efektif dalam mempromosikan
permainan tradisional bakiak sebagai salah satu bagian dari kekayaan budaya Indonesia.
Kata Kunci: Film Pendek, Permainan Tradisional, Bakiak, Tradisi dan Budaya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Film Pendek, Permainan Tradisional, Bakiak, Tradisi dan Budaya |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Japanese |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 03:21 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 03:21 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |