Search for collections on Undip Repository

PEMBUATAN APLIKASI MULTIBAHASA PENGENALAN LAGU DOLANAN UNTUK MELESTARIKAN LAGU PERMAINAN TRADISIONAL JAWA

Ningtyas, Ika Melinda (2024) PEMBUATAN APLIKASI MULTIBAHASA PENGENALAN LAGU DOLANAN UNTUK MELESTARIKAN LAGU PERMAINAN TRADISIONAL JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of BASING_S_IKA MELINDA NINGTYAS Cover.pdf] Text
BASING_S_IKA MELINDA NINGTYAS Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BASING_S_IKA MELINDA NINGTYAS.pdf] Text
BASING_S_IKA MELINDA NINGTYAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Sebelum penulisan Skripsi ini, penulis melakukan penelitian di wilayah
Jawa kepada remaja Jawa usia 10-18 tahun, tentang pengetahuan mereka terhadap
lagu dolanan. Dalam penelitian kepada remaja, penulis melakukan wawancara
kepada 30 remaja Jawa. Hasil penelitian tersebut adalah sebanyak 63,3% remaja
tidak tahu tentang lagu dolanan. Sehingga, penulis berinisiatif untuk membuat
media pengenalan lagu dolanan untuk melestarikan dan memperkenalkan kepada
khalayak luas. Selain wawancara, untuk memperkuat data penulis juga melakukan
studi pustaka. Dari data, diperoleh 10 judul lagu dolanan, yaitu Padhang Bulan,
Jamuran, Suwe Ora Jamu, Menthok-Menthok, Cublak Suweng, Gundul Pacul, Prau
Layar, Lir-Ilir, Sluku Bathok, dan Gambang Suling.
Skripsi dengan judul "Pembuatan Aplikasi Multibahasa Pengenalan Lagu
Dolanan untuk Melestarikan Lagu Permainan Tradisional Jawa", bertujuan untuk
melestarikan lagu dolanan dengan memperkenalkannya kembali dalam bentuk
media yang lebih modern dan simpel kepada remaja Jawa dan audience global. Hal
ini membuat aplikasi ini memuat 3 bahasa, yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris,
dan bahasa Jepang. Aplikasi ini bernama LADOWA (Lagu Dolanan Jawa).
Proses pembuatan aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode
pengembangan model Waterfall dengan 5 tahap, yakni:
1. Analisis Masalah dan kebutuhan
2. Desain sistem
3. Pengembangan
4. Pengujian
5. Pengelolaan Pemeliharaan
Struktur menu aplikasi dibagi 3 kelompok, yakni:
1. Menu Lirik & Lagu, yang mencakup audio lagu dan lirik 10 lagu dolanan.
2. Menu Cerita Lagu, yang mencakup makna dan pesan moral dengan ilustrasinya.
3. Menu Fakta Menarik Bahasa Jawa, yang mencakup 5 fakta tentang bahasa
Jawa.
Penulis masih terkendala dalam menyebarluaskan aplikasi karena tidak di
daftarkan pada sistem penginstalan aplikasi resmi, seperti App Store maupun Play
Store. Penulis yakin dengan pembuatan media pengenalan lagu dolanan yang
dibuat dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Jepang ini mampu
membuat lagu dolanan lebih diketahui eksistensinya, dan pembahasan lagu
dolanan bisa semakin bertambah pula. Sehingga, generasi masa depan bisa
merasakan warisan budaya Jawa tak benda ini dan ikut andil untuk melestarikan
warisan budaya Jawa.
Kata kunci: aplikasi, multibahasa, model pengembangan Waterfall, lagu
dolanan, budaya Jawa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aplikasi, multibahasa, model pengembangan Waterfall, lagu dolanan, budaya Jawa
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Japanese
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:20
Last Modified: 07 Nov 2024 03:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/27127

Actions (login required)

View Item View Item