Amalia, Nabila Putri (2024) Gambaran Keterlibatan Pasien Pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
22020120140083-Nabila Putri Amalia- Halaman Depan.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
22020120140083-Nabila Putri Amalia-Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
![]() |
Text
22020120140083-Nabila Putri Amalia-Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Text
22020120140083-Nabila Putri Amalia-Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
![]() |
Text
22020120140083-Nabila Putri Amalia-Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
![]() |
Text
22020120140083-Nabila Putri Amalia-Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text
22020120140083-Nabila Putri Amalia-Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
![]() |
Text
22020120140083-Nabila Putri Amalia-Daftar Pustaka.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
22020120140083-Nabila Putri Amalia-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Puskesmas sebagai penyedia layanan kesehatan tingkat pertama bagi masyarakat tidak luput dari partisipasi pasien di dalamnya. Pasien yang enggan terlibat dalam perawatannya akan mempengaruhi proses penyembuhan dan keselamatan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keterlibatan pasien pada pelayanan kesehatan di puskesmas Kota Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif deskriptif dengan menggunakan pendekatan survei. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner Patient Engagement Index (PEI). Sampel diambil dengan teknik Consecutive sampling dengan melibatkan 337 responden: 258 pasien poliklinik umum dan 79 pasien poliklinik lansia). Penelitian ini menggunakan analisis data univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan pasien telah menunjukkan partisipasinya dengan baik pada pelayanan kesehatan di puskesmas 55,8 %. Komponen keterlibatan pasien yang berada pada kategori cukup baik meliputi pencarian informasi diri 53,1% dan pemeliharaan kesehatan 48,1%. Pada aspek lainnya yang berada pada kategori baik meliputi komunikasi dengan tenaga profesional 55,5% dan kerja sama 40,9%. Keterlibatan pasien yang perlu ditingkatkan kembali adalah keaktifan pasien menggali informasi hasil diagnosis masalah kesehatan, berdiskusi dengan staf medis tentang perawatan mandiri, bersama staf medis membuat keputusan rencana perawatan, serta berdiskusi mengenai cara menjaga kesehatan fisik dan mental.
Kata Kunci : puskesmas, keterlibatan pasien, pelayanan kesehatan, PEI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 07:56 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 07:56 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |